MEDAN - Jalan lintas Dairi-Medan tepatnya di Kilometer 7, Kecamatan Sitinjo, Dairi, amblas. Akibatnya arus lalu lintas terputus dan kendaraan dialihkan ke jalur alternatif. "Arus lalu lintas terputus setelah amblas dengan kedalaman lebih kurang 6 meter dengan panjang kurang lebih 50 meter," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, dilansir detikcom, Rabu (6/1/2021).

Hadi tidak menjelaskan waktu amblasnya jalan ini. Dia mengatakan kini sudah ada jalur alternatif yang disiapkan untuk pengendara.

"Jalur alternatif hanya bisa dilalui untuk kendaraan kecil. Sedangkan untuk kendaraan berukuran besar seperti truk yang datang dari arah Aceh dan Sidikalang untuk sementara dialihkan ke jalur menuju Pakpak Bharat menuju Kota Medan," ucapnya.

Hadi menjelaskan tim gabungan saat ini sedang berupaya untuk memperbaiki jalan yang amblas. Dia mengatakan ada sejumlah alat berat yang diturunkan untuk memperbaiki jalan.

"Saat ini tim gabungan dari TNI, Polri, Dinas Balai Besar Jalan, Dinas PU Provinsi dan pemerintah daerah setempat tengah bekerja untuk memperbaiki akses jalan yang amblas dengan menurunkan alat berat," jelasnya.

Hadi mengimbau agar pengendara yang hendak melalui jalur dekat lokasi jalan amblas ini agar tetap berhati-hati.

"Kepada para pengendara untuk tetap waspada saat melintas di setiap daerah yang rawan terjadi longsor maupun jalanan amblas," paparnya.