LANGKAT - Anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur Amd Li dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengadakan reses diempat desa di Kabupaten Langkay, masing-masing; Lau Damak, Timbang Lawan, Batu Jongjong dan Ujung Bandar kecamatan Bahorok, Kamis (17/12/2020).

Reses tersebut dipusatkan di kantor Desa Lau Damak untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Sejumlah warga meminta dilakukannya pembangunan fisik/infrastruktur, juga sektor pertanian ekonomi dan sosial budaya, pelatihan/pemberdayaan kaum perempuan.

Seperti diungkapkan Mawati Situmorang warga Timbang Lawan, mengharapkan adanya pelatihan dan pemberdayaan kaum perempuan.

Menurutnya, program ramah perempuan di kecamatan Bahorok sudah layak dibentuk. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus perempuan butuh dukungan wakil rakyat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Kepala Desa Ujung Bandar, Sungkunen Ginting menyebutkan warganya saat ini membutuhkan alat/mesin pengolahan tanah dan pertanian.

Sementara Kades Lau Damak, Ngemat Ginting meminta pembenahan/pembangunan infrastruktur jalan lingkar Desa Empus hingga Batu Jongjong. Apalagi desa ini memiliki pintu angin Bahorok dan gua. Sehingga untuk percepatan pengembangan wisata dibutuhkan dukungan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

Selanjutnya, Kades Batu Jongjong, Tetap Ukur Ginting menyampaikan kebutuhan warganya akan alat pencacah pakan ternak sapi. Infrastruktur wisata serta pembangunan jembatan gantung menuju gua sangat dibutuhkan kehadiran pemerintah.

Sugianto Makmur, menyebutkan usulan masyarakat termasuk perbaikan infrastuktur dan bibit pertanian seperti durian dan bibit ikan serta ternak akan disampaikan ke dinas terkait agar terealisasi anggaran APBD Sumut tahun 2021.

Hadir dalam reses tersebut, Bhabinsa, Pelda B Ginting, BPD, LPMD, kaur/perangkat empat desa.