NIAS BARAT - Ny Fantri Iman Chrisna Gulo bersyukur program JKN-KIS telah membantu persalinannya. Kelahiran putri keduanya ini menambah suka cita di keluarga Destar Gulo. Apalagi ibu dan bayi lahir sehat. “Moment melahirkan adalah hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami isteri. Rasa bahagia, gugup, penasaran, takut, menjadi satu. Dipenantian penting ini, JKN-KIS hadir membantu persalinan isteri saya,” tutur suaminya membuka pembicaraan, Selasa (15/12/2020).

Perempuan yang akrab disapa Fantri ini menceritakan pengalaman dan kenyamanan yang ia dapatkan bersama JKN-KIS. Ia mengaku kemudahan ini dirasakannya melalui sistem administrasi yang jelas dan jaminan kesehatan yang menyeluruh.

“JKN-KIS memberi perlindungan kesehatan yang berkualitas dan menyeluruh sesuai dengan indikasi medis. Pemeriksaan kandungan sampai dengan proses persalinan, semuanya ditanggung oleh JKN-KIS,” jelasnya.

Lebih lanjut ibu dari dua anak ini juga bercerita tentang bagaimana JKN-KIS telah banyak membantu keluarganya dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Ia juga menyampaikan persalinan anak pertamanya menggunakan JKN-KIS.

“Persalinan yang baru-baru ini saya dapatkan merupakan persalinan kedua. Ketika persalinan anak pertama kami, tidak ada kendala yang saya rasakan saat mengakses layanan. Puskesmas Mandrehe, tempat saya terdaftar sangat memberikan kemudahan dan sangat membantu. Ditanggal 15 Oktober 2020, kami mendengar tangisan haru puteri kedua kami,” ujarnya sembari tersenyum lega.

Menurutnya, peningkatan jumlah peserta JKN-KIS telah beriringan dengan peningkatkan mutu layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (Faskes).

Hal ini ia buktikan melalui pelayanan yang cepat, sarana dan prasaranan yang kian membaik, dan tidak ada pembedaan pelayanan antara pasien umum dan pasien JKN-KIS. Disisi lain peserta JKN-KIS juga diberikan kemudahan dalam memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar, sehingga pemberi layanan berupaya meningkatkan layananan kesehatan dari berbagai sisi.

Diakhir perbincangan, Fantri menyampaikan harapan agar program JKN-KIS terus memberikan manfaat dan kebaikan bagi seluruh peserta JKN-KIS.

“Sebagai peserta JKN-KIS yang sudah menikmati manfaat JKN-KIS, saya berharap atas keberlangsungan program JKN-KIS yang berkualitas. Pemenuhan sarana dan prasarana di faskes yang merata juga menjadi harapan seluruh peserta JKN-KIS. Untuk itu, saya berharap peserta JKN-KIS tetap memberi dukungan melalui iuran rutin dan tepat waktu. Begitu juga pemerintah dan BPJS Kesehatan yang menentukan dan menjalankan arah kebijakan JKN-KIS agar memberikan kebaikan manfaat bagi masyarakat,” tutupnya.