MEDAN - Hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei menyatakan Bobby Nasution-Aulia Rachman menang Pilkada Medan. Hasil quick count itu mematahkan rekor buruk Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat, saat pemilihan di Medan. Dikutip dari detikcom, Kamis (9/12/2020), setidaknya Bobby dinyatakan menang versi quick count dari tiga lembaga survei. Selain itu, hasil sementara penghitungan suara lewat Sirekap KPU menunjukkan Bobby yang merupakan menantu Jokowi itu unggul.

Berikut hasil quick count sejumlah lembaga survei terkait Pilkada Medan:


Charta Politika

1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi: 44,98%
2. Bobby Nasution-Aulia Rachman: 55,02%

Baca juga:
Bobby Mantu Jokowi Menang Derby Nasution Versi Quick Count
Indo Barometer

1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi: 44,74%
2. Bobby Nasution-Aulia Rachman 55,26%

Median

1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi 44,36%
2. Bobby Nasution-Aulia Rachman 55,64%

Hasil quick count tersebut bukan merupakan hasil resmi Pilkada Medan. Nantinya, hasil resmi bakal disampaikan KPU Medan setelah melakukan rekapitulasi berjenjang.

Kemenangan Bobby versi quick count di Medan ini seolah mematahkan rekor buruk Jokowi dan Djarot saat ikut pemilihan di Medan. Jokowi dan Djarot sama-sama tumbang di Medan.

Djarot merupakan calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018. Djarot saat itu diusung PDIP-PPP berpasangan dengan Sihar Sitorus.

Djarot-Sihar kalah dari Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) di Medan. Djarot-Sihar saat itu mendapat 357.377 suara, sementara Edy-Ijeck mendapat 551.641 suara.

Kekalahan di Medan juga dialami oleh Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019. Berdasarkan data KPU, Jokowi-Ma'ruf mendapat 542.221 suara sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 645.209 suara di Medan.