MEDAN - Aparat kepolisian dari Polrestabes Medan mencatat sebanyak 20 titik longsor terjadi di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Longsor di Sibolangit ini, memutus jalan penghubung dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Tanah Karo, Jumat (4/12/2020).

Menurut Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar, lokasi longsor paling parah terdapat di Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Di lokasi itu, seorang sopir truk ditemukan tewas akibat tertimbun longsor.

"Ada dua mobil yang tertimpa material longsor. Jalan tertutup material tanah longsor dan pepohonan. Kondisi ini membuat jalan putus total. Makanya, tidak satupun kendaraan yang bisa melintas," katanya.

Sonny mengatakan, aparat kepolisian bersama dengan TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sedang berusaha membersihkan jalan dari material longsor. Bahkan, alat berat diturunkan untuk mempercepat pembersihan jalan.

"Untuk sementara, kami mengimbau masyarakat menunda perjalanan menuju lokasi wisata di Berastagi di Kabupaten Tanah Karo. Begitu juga dengan warga asal Tanah Karo supaya menunda perjalanan ke Medan. Lokasi dimaksud masih rawan longsor," sebutnya.