ASAHAN - Dalam rangka merayakan Hari Pendiri Perusahaan RGE (RGE Founder’s Day) ke-53, Asian Agri wilayah Sumatera Utara melakukan berbagai kegiatan sosial (baksos) untuk masyarakat di sekitar operasional perusahaan.

Baksos ini dimulai sejak Senin(23/11/2020) dan akan diakhiri dengan kegiatan pembagian vitamin untuk balita bersamaan dengan hari posyandu di desa penerima manfaat pada Desember 2020.

Kegiatan sosial Asian Agri Wilayah Sumatera Utara, antara lain pembagian 700 paket sembako kaum duafa dan 2.250 masker kain untuk 22 desa di 8 Kabupaten. Paket sembako berisi beras 5 kg, minyak makan 2 liter, Ggla pasir 2 kg, garam 2 kg dan susu 2 kaleng.

Selain itu Asian Agri wilayah Sumatera Utara juga mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan memberikan bantuan bibit pohon durian unggul. Selain bermanfaat untuk lingkungan juga mempunyai manfaat dari aspek ekonomis.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat disekitar operasional perusahaan. Semoga dapat membantu masyarakat terutama dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Kami juga memberikan bibit 699 durian unggul jenis Musangking, Kani dan Bintana untuk 3 desa. Selain manfaatnya untuk lingkungan semoga dapat menjadi desa sentra durian baru di Sumatera Utara dan menambah perekonomian masyarakat nantinya,” ujar Victory Brahmana, GM PT GM/PT SSL, salah satu anak perusahaan Asian Agri pada saat penyerahan di satu desa penerima manfaat.

Pembagian bantuan ini sambungnya, dilakukan pemerintah desa baik secara door to door ataupun pengambilan berjadwal oleh masyarakat sehingga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Sedangkan untuk penanaman bibit pohon dilakukan secara simbolis di salah satu rumah penduduk desa sebagai contoh teknis penanamannya. Pemeritah desa nantinya melakukan pengawasan dan pengarahan ke masing-masing warga dalam penanaman dan perawatan durian.

“Terima kasih kepada Asian Agri yang telah banyak membantu kami, terutama di saat sekarang ini, penyaluran ke masyarakat akan dibuat berjadwal sehingga tidak ada keramaian. Saya juga akan mengawasi penanaman dan melakukan kontrol ke masyarakat agar bibit yang dikasih dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat sehingga Desa Batu Anam dapat menjadi salah satu sentra durian unggul di Sumatera Utara,”ujar Haryanto, Kades Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan.

Sementara HSE & CSR Asian Agri, Welly Pardede menyatakan kegiatan RGE Founder,s Day 2020 adalah bentuk ungkapan syukur perusahaan dalam memperingati hari pendirian RGE.

"Sebagai ungakapan rasa syukur perusahaan, dalam rangka memperingati hari RGE Founder,s Day 2020, maka Asian Agri melakukan aksi peduli dengan membagikan sembako, masker, vitamin dan bibit tanaman kepada masyarakat seputar operasional perusahaan. Harapannya bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan yakni menjadi salah satu perusahaan berbasis sumber daya berkelanjutan terbesar dan terbaik, menciptakan nilai bagi masyarakat, negara, iklim, pelanggan dan perusahaan itu sendiri," ujar Welly.

Adapun kegiatan Asian Agri Peduli ini diselenggarakan oleh unit-unit usaha Asian Agri yang tersebar di Sumatera Utara, Riau dan Jambi.