SERGAI - Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Pengawas Pemilu.
Bimtek ini sekaitan dengan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai Tahun 2020, Minggu (29/11/2020) di Aula Wings Hotel Kualanamu.

Dalam kesempatannya, Kapolres Sergai AKBP Robin memaparkan materi tentang Kamtibmas dan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

"Bahwa selama tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, situasi Kabupaten Sergai saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif. Untuk itu, mari kita pelihara situasi kondusif, khususnya di masa pandemi kita harus tegakkan peraturan dalam upaya menekan angka penyebaran Covid 19," tegas kapolres.

Kapolres menegaskan, dalam pelaksanaan Pilkada KPU sudah membuat peraturan di tengah pandemi sesuai dengan PKPU No. 13/2020.

"Pelanggaran protokol kesehatan selain teguran juga dapat dikenakan sanksi pidana. Protokol kesehatan ditekankan kepada kita semua. Bila protokol kesehatan dilaksanakan, maka penyelenggaraan Pilkada aman, nyaman dan sehat," ucap Mantan Kapolres Batubara.

Ia menambahkan, panwascam harus bekerjasama dan sinergi dengan pihak Kepolisian saat melakukan pengawasan dilapangan. Panwascam dapat mengajak masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan.

"Polres Sergai sudah menyiapkan pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sergai Tahun 2020. Dalam setiap zona akan menyiagakan personel Brimob," papar AKBP Robin.

Di sisi lain, Robin juga menjelaskan, Polres Sergai dalam berbagai even mendapat berbagai prestasi seperti Rekor MURI dalam penanganan kasus judi dan penanganan masalah anak.

"Kita juga menjadi peringkat kedua penanganan tindak pidana korupsi dan peringkat kelima penanganan Satgas Nusantara," bebernya.

Di akhir pemaparannya, Kapolres kembali menegaskan jangan ragu dalam melaksanakan tugas dan selaku kapolres dia meminta semua anggota untuk netral. Begitu juga dengan ASN juga harus netral.