SERGAI - Pasca terjadinya musibah bencana angin puting beliung di Dusun XV dan Dusun XVI di Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Sabtu (28/11) sekira pukul 16:00 WIB. Seratusan rumah milik warga mengalami rusak berat dan ringan.

"Seratus rumah mengalami rusak Berat, Sedang dan ringan terdiri Dusun XV Kp Jati sebanyak 81 rumah dan Dusun XVI Kp Samben sebanyak 34 rumah. Jadi total keseluruhan pada hari ini sebanyak 115 rumah yang di terjang bencana angin Puting Beliung kemaren sore," ucap Kepala Desa Sei Bamban, Fadli Lubis kepada GoSumut, Minggu(29/11).

Sementara itu, Camat Sei Bamban, Juniar Gultom yang dikonfirmasi GoSumut melalui via whattsApp mengatakan jumlah rumah terkena musibah angin puting beliung di Desa Seibamban sebanyak 115 unit rumah.

Adapun jumlah rinciannya; Dusun XV Kp Jati berjumlah 81 unit terdiri rusak berat 47 unit rumah, Rusak Sedang 23 unit rumah dan rusak ringan 11 unit rumah. "Sedangkan Dusun XVI Kampung Samben sebanyak 33 unit rumah terdiri Rusak berat 26 unit, rusak sedang 7 unit rumah," ucap Juniar Gultom.

Selain itu, di Desa Gempolan ada 1 unit kilang padi yang juga diterjang angin puting beliung serta Kantor Desa Gempolan.

"Untuk saat ini kita sudah menyampaikan musibah ini ketingkat kabupaten dan berencana besok bantuan dari BPBP Pemkab Sergai turun kelokasi," pungkasnya.