Medan -  Sekelompok massa yang mengatasnamakan Garda Pembela NKRI menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Sumatera Utara (Sumut) dan membakar spanduk di depan tugu air Mancur Kantor Pos Lapangan Merdeka, Kamis (26/11/2020).

Mereka  menyatakan menolak rencana kedatangan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab (HRS) di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Kami tolak kedatangan Habib Rizieq Syihab di Kota Medan. Kedatangan dia itu membuat umat terpecah belah," ujar koordinator aksi, Ustad Muzani dalam orasinya.

Selain itu, mereka juga mengecam keras pernyataan Rizieq Shihab yang dinilai sebagai ujaran kebencian. Sebagai keturunan rasul, semestinya ucapan Rizieq merujuk pada sikap Nabi Muhammad SAW.

Dari pantauan GoSumut di sudut Jalan Bukit Barisan dengan Balaikota, massa yang berjumlah puluhan itu, membawa poster-poster bergambar Habib Rizieq Syihab. Pada poster tersebut, gambar Habib Rizieq Syihab disilang, dikumpulkan dan dibakar di depan tugu air mancur Kantor Pos Besar Medan.

Aksi yang menutup jalan dan menghambat arus lalu lintas menuju Jalan Putri Hijau tersebut bubar setelah mereka membakar semua spanduk yang mereka bawa dari Kantor DPRD Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol Medan.