MEDAN - H.Aripay Tambunan, MM, pulang kampung dan ikut meramaikan bursa pencalonan sebagai Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020. Aripay akan mendampingi calon Bupati, H.Ahmad Rizal Munthe.

Meski bukan calon dari partai asalnya, Partai Amanat Nasional (PAN), nama Aripay Tambunan di kalangan pendukung dan simpatisan partai besutan tokoh nasional Amin Rais itu cukup disegani. Tidak saja karena keseniorannya di partai berlambang matahari itu, tapi karena kapasitasnya sebagai politisi yang mumpuni.

Selain itu, Aripay Tambunan juga dikenal sebagai seorang akademisi. Dia memiliki jaringan yang cukup luas di dunia kampus, dan tentu dikenal di kalangan mahasiswa dan pemuda. Sarjana ekonominya diraih Aripay Tambunan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, kampus di mana banyak melahirkan para ilmuan dan tokoh nasional.

Kedua kandidat ini diusung oleh tiga partai besar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Posisi kedua pasangan ini menjadi menarik karena PDIP dan PKS, dua partai besar yang selama ini bersaing dan hampir tidak pernah bekerjasama, tapi di Labura bisa berkolaborasi untuk keduanya, momen yang jarang terjadi di Indonesia.

Aripay mengaku, memutuskan untuk maju dalam Pilkada setelah dia mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pihak, termasuk dari para tokoh agama, tokoh masyarakat Labura dan para politisi. Tekadnya memang untuk membangun kabupaten itu agar hasilnya bisa dinikmati secara merata oleh warganya, baik yang tinggal di kota mau pun di pelosok desa.

Selain dikenal sebagai mantan anggota DPRD Kota Medan dan anggota DPRD Sumatera Utara selama 10 tahun, pria kelahiran tahun 1967 ini juga dikenal sebagai sosok yang kritis. Apalagi terkait sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan UMKM, Aripay akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mendorong para petani meningkatkan pendapatannya.

Selain mendorong program pembangunan insfrastruktur, khususnya jalan dan jembatan, Aripay bersama calon Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) dengan nomor urut 1 ini, akan mendukung sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan sektor UMKM.

"Saya hanya bertekad menjadikan Kabupaten Labura yang mandiri dan bermartabat. Para petani dan pelaku UMKM-nya sejahtera," kata Aripay Tambunan baru-baru ini.

Di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kemampuan Aripay Tambunan tidak perlu diragukan lagi. Sebab dosen senior di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini, pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Forum Daerah Usaha Kecil dan Menengah (Forda UKM) Sumatera Utara.

"Pak Aripay sangat mengerti permasalahan UMKM. Apa problemnya, dan apa yang seharusnya dilakukan untuk mendorong pelaku UMKM agar menjadi lebih baik, dia tentunya lebih tau. Ketika menjadi pengurus di Forda UKM, dia bahkan rela turun ke jalan bersama pelaku UMKM untuk menuntut keadilan," kata Cahyo Pramono, penasihat Forda UKM Sumatera Utara, kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Pertanian Berkelanjutan

Ketika berdiskusi dengan masyarakat petani di desa-desa di Labura, terkait pemanfaatan sumber daya alam dan alokasi anggaran di bidang pertanian dari APBD maupun APBN, Aripay memapatkan tentang konsep pertanian dan peternakan berkelanjutan.

Peternakan berkelanjutan berdasarkan Peraturan Kementerian Pertanian 105 tahun 2014, tentang integrasi ternak dengan kebun akan mewujudkan lumbung ternak di daerah.

"Apabila saya diamanahkan sebagai wakil bupati dan terpilih, saya siap mengurusi dan menetap di desa untuk fokus pengembangan dan peningkatan pertanian di Labura. Karena rancang bangun pengembangan dan peningkatan harus secara teknokratik, koordinatif dan politis," tegasnya.

Sementara sektor perikanan laut dan darat, ujar Aripay Tambunan, Kabupaten Labura juga mempunyai potensi laut yang cukup potensial. Khusus perikanan darat, menurut Aripay, ikan air tawar dari Labura cukup dikenal di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas. Bila potensi perikanan air tawar ini dikembangkan, maka potensi itu akan meningkatkan kemakmuran masyarakat Labura.

Apalagi Aripay Tambunan maju mendampingi pasangannya, calon Bupati Ahmad Rizal Munthe, yang juga memiliki pengalaman cukup mumpuni. Wiraswasta ini juga dikenal sebagai tokoh masyarakat di Labura. Dia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Sumatera Utara (USU).