SIBOLANGIT - Sungai Betimus yang melintasi kawasan wisata Sembahe, Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang mendadak berubah menjadi kuning sebelum berubah menjadi air bah.

Sontak kejadian tersebut menghebohkan warga yang melintas di Jl Jamin Ginting. Warga sempat mengabadikan kejadian tersebut dengan telepon genggam mereka dan atas jembatan sembahe.

Arus lalulintas sempat mengalami kepadatan karena jembatan dipadati warga yang ingin melihat langsung kejadian tersebut pada Rabu sore (18/11/2020) sekitar pukul 16.30 wib.

Kenaikan dan deru debit air secara mendadak tersebut membuat warga sekitar sungai heboh dan cemas. Beberapa warga dan pengunjung yang berada di sungai tersebut sempat berhamburan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi takut tersapu air atau terkait kayu dan ranting yang hanyut.

"Benar, ada kenaikan debit air tersebut, untuk diwilayah kita tidak ada korban jiwa, paling ada gubuk warga lah. Tapi tidak begitu fatal. Biasa air sungai kita naik, apalagi hujan memegang deras kali kan sebelum air naik," ujar Kepada Desa Sembahe, Esra Warista Tarigan.

Curah hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi beberapa hari kedepan di dataran tinggi Sumatera Utara sesuai informasi yang diberikan oleh Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah I Medan pada laman resminya.