SERGAI - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) merupakan wadah yang cukup kuat untuk mengayomi para nelayan. Makanya tak salah, jika nelayan disebut pahlawan 'protein' bagi bangsa.
Hal ini disampaikan Calon Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan ST. MSP usai menghadiri pembukaan musyawarah cabang DPC HNSI Serdang Bedagai di pantai Romantis, Perbaungan, Sabtu (24/10/2020).

Selain petani, Adlin mengakui, masyarakat Sergai juga menggantungkan hidup sebagai nelayan. Konflik antar nelayan masih terjadi di Sergai maupun di luar daerah Sergai.

"Salah satu konflik ini jadi catatan untuk Paslon Bupati dan Wabup Sergai H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan untuk memperjuangkan kelangsungan hidup para nelayan khususnya di Sergai," ungkap Ketua GP Ansor ini.

Dengan adanya Muscablub DPC HNSI Sergai, Adlin yakin akan melahirkan kepengurusan yang baik untuk kesejahteraan nelayan. "Dan kita ucapkan selamat sukses Muscablub DPC HNSI Sergai," terangnya.

Di situasi covid-19 saat ini, paslon yang dikenal dengan slogan Dambaan nomor 1 ini, merasa bersyukur bahwa nelayan di Sergai 100 persen negatif covid-19 dan sebelumnya ada dampak pada peningkatan pada penjualan mereka.

"Kita bersyukur nelayan di Sergai negatif covid-19, namun kita tidak boleh anggap enteng dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan menjaga jarak dan menerapkan hidup sehat," ucapnya.

Tak hanya itu, Adlin menerangkan, pihaknya ke depan akan memberikan pelatihan budi daya ikan air tawar kepada nelayan. Hal ini guna mengantisipasi masa paceklik. "Ekonomi nelayan tidak sepenuhnya baik, belum lagi terjadi cuaca buruk hingga nelayan tidak melaut, hal ini juga akan menjadi perhatian Dambaan," pungkas Adlin Tambunan.

Dalam kesempatan itu, Plt. DPC HNSI Sergai, Hamdi bersyukur Muscablub DPC HNSI Sergai dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Sebelumnya, Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahmi Siagian SE mengatakan, pelaksanaan muscablub DPC HNSI Sergai ini dilakukan sesuai dengan AD dan ART HNSI.