MEDAN - Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba Tahun 2020 dibuka, Selasa (20/10). Kegiatan ini diikuti sekira 500 peserta baik secara offline di SMK Negeri 10 Medan dan juga virtual.


Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang digelar mengusung tema 'Bangga produk Indonesia, karya anak bangsa”, ini bekerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan PKW dibuka secara resmi oleh Franka Makarim, dihadiri Koordinator PKW Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Ir Nita Yudi MBA, Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, Ketua Dekranasda Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Ketua IWAPI Sumut, Hj Rosna Nurleily Siregar dan sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) merupakan upaya untuk menanggulangi remaja putus sekolah dan tidak melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui pendidikan vokasi dengan menyediakan alternatif layanan melalui kursus
dan pelatihan.

Koordinator PKW Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Ir Nita Yudi MBA menyebutkan peserta Didik PKW ini, warga masyarakat di sekitar Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba dan kota Medan yang berusia millennial antara 15 hingga 30 tahun yang merupakan remaja putus sekolah atau lulus tidak melanjutkan, belum memiliki pekerjaan tetap atau menganggur serta prioritas dari keluarga kurang mampu.

Program pelatihan dan kursus ini sambungnya, selain memberikan kapasitas peningkatan SDM juga memberikan dana bantuan pemerintah dalam bentuk modal rintisan usaha agar dikembangkan menjadi sentra – sentra wirausaha baru kerajinan mendukung pariwisata di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Liukupang
dan Labuan Bajo.

Sementara Ketua Panitia, Robert A Lesbatta Msi dalam sambutannya, menyebutkan kegiatan Program PKW untuk mendukung destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba ini melibatkan 7 Lembaga, masing-masing IWAPI, SMK 10 Medan, FATAYAT NU, KOPRI PB PMII, SMK N 1 Percut Sei Tuan, WANITA ISLAM dan LKP YULIZA.

Peserta kegiatan PKW ini sambungnya, diikuti sebanyak 200 orang, berasal dari wilayah Medan dan Samosir. Kegiatan ini juga diwarnai dengan aksi fashion show dan gelar karya serta bazar produk kerajinan berbahan ulos khas Sumatera Utara.