TOBA-Satu unit rumah milik seorang janda tua beranak satu Hermin br Lumban Tobing alias Op.Ranto (73) di dusun 2 Huta Tinggi desa Pardomuan Nauli Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba hangus dilalap si jago merah Jumat, (16/10/2020) sekitar pukul 03.30 Wib pagi subuh.

Cepatnya api melahap rumah korban Op,Ranto karena rumah sudah rumah tua dengan bentuk rumah adat Batak yang kesemua fisik rumah terbuat dari Papan bertiang kayu sebagaimana khas Rumah Adat Batak Toba.

Di kisahkan Hermin br Lumban Tobing alias Op.Ranto (73) kepada Gosumut ia selama ini sendirian di rumah. "Saya dirumah hanya tinggal sendiri, anak semata wayang saya sudah menikah dan memiliki anak tinggal di Jakarta. Jadi selama ini saya hanya sendiri di rumah," ungkapnya dengan nada sendu.

"Malam itu saat kejadian, saat tidur saya merasa sesak bernafas dan merasa pedas seperti terasa ada asap juga saya merasa panas sekali. Saat itu saya terbangun, sontak saya kaget setengah mati melihat busa alas tempat tidur saya berasap dan ada bara api. Dengan rasa takut dan kaget setengah mati, saya melihat ke arah atas dinding rumah saya persis diatas dipan tempat saya tidur, saat itu saya melihat api merambat menjalar terbakar pada kabel arus listrik rumah saya dan sebagian api sudah membesar membakar dinding rumah saya," kisahnya.

"Spontan dengan tertatih tatih saya keluar dan berteriak minta tolong tanpa membawa apa apa dari dalam rumah sambil berteriakkan minta tolong dengan meneriakaan "tolonggggg......Api....jabukku matutung....tolong.....api....jabukku matutung bahasa batak,red (tolong api...rumahku Kebakaran)"imbuhnya.

Namun naas sebelum pemadam milik pemkab Toba tiba dilokasi kejadian, rumah korban sudah keburu habis dilalap sang sijago merah tidak sampai 1 jam, karena semua bahan bangunan rumah terbuat dari bahan kayu kering dan sudah tua dan sebahagiannya sudah lapuk.

Dengan berurai air mata Op.Ranto menegaskan, tidak satupun barang yang bisa diselamatkan semua hangus terbakar. "Hanya baju yang melekat di tubuh saya inilah yang tersisa akibat kejadian kebakaran tersebut," ungkapnya dengan nada pilu.

Kapolsek Laguboti kepada Gosumut menjelaskan, sumber api sesuai keterangan informasi dari saksi korban kebakaran Hermin br Lumban Tobing alias Op.Ranto (73) dia melihat api menjalar terbakar pada kabel listrik rumahnya persis di atas kepala dipan tempat tidurnya.