MEDAN - Gapura yang terbuat dari pilar kayu dengan bagian atas bertuliskan “Selamat Datang” akan dibangun pada Oktober 2020, di Dermaga Penambat Kampung Nelayan Seberang Kecamatan Medan Belawan, Medan.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Tim Pengabdian Masyarakat USU di bawah Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM–USU) yang diketuai Ir Rahmi Karolina, ST, MT.

Menurut Ir Rahmi Karolina, ST, MT, selama ini Kampung Nelayan Seberang tidak memiliki gapura sebagai penanda batas wilayah maupun gerbang untuk memasuki wilayahnya.

Oleh karena itu pembuatan Gapura Selamat Datang ini bertujuan untuk menjadi batas wilayah di Kampung Nelayan Seberang.

Selain itu, gapura ini juga berfungsi menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Kampung Nelayan Seberang agar dapat dikunjungi masyarakat luas.

Hal ini dilakukan seiring dengan dibukanya wisata mangrove sebagai salah satu tolok ukur berkembangnya daerah tersebut.

Gapura ini juga diharapkan dapat menjadi tonggak penyambutan dari masyarakat Kampung Nelayan Seberang terhadap pendatang maupun wisatawan yang akan berkunjung.

Ir Rahmi mengatakan, dengan pembangunan gapura diharapkan dapat menjadi salah satu tanda berkembangnya desa tersebut.

Selain itu, gapura juga bermanfaat sebagai fasilitas penunjang perekonomian masyarakat yang umumnya nelayan dan mendukung sektor pariwisata.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pimpinan USU khususnya Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum dan Ketua LPPM USU Prof Tulus, Ph D atas program kerja Dosen Mengabdi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Nelayan Seberang ini,” katanya.

Turut mendampingi anggota tim pengabdian masyarakat LPPM USU untuk Kampung Nelayan Seberang terdiri dari, Gea Geby Aurora Syafridon, ST MT. Riza Inanda Siregar, ST, MT, Ir Zulkarnain A Muis, M Eng Sc dan Ir Seri Maulina, M Si, Ph D.

Juga turut beberapa mahasiswa USU yang membantu yakni Ari Mustafa Kamal, Hafiz Isra Negara, Fitri Salsabila Lubis, Nazmi Wayan Anugerah, Syifa Salsabila, Ully Annisa Lubis dan M Try Andika Putra.