BATUBARA-Pematang Rambai sebuah desa yang terletak 12 km kearah timur dari kota tanjung Tiram merupakan pemekaran dari Desa Ujung Kubu, kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batubara.

Pantauan wartawan, desa tersebut kini terus berbenah. Desa yang mulai berdiri pada tahun 1991 dibawah kepemimpinan Maksum Marpaung berawal hanya memiliki 7 dusun, namun sejak tahun 2018 7 dusun tersebut dimekarkan menjadi 13 dusun. Dengan luas Desa 3.131 ha ini dihuni oleh 4.499 jiwa dan memiliki 1085 KK.

Desa yang mayoritasnya adalah petani ini, sejak 2015 sampai sekarang dipimpin oleh Mangimbur Siagian. Sosok Kades pekerja keras yang selain sebagai abdi desa, Mangimbur juga berbisnis kelapa disore harinya.

Saat ditemui wartawan, Selasa (6/10/2020), Mangimbur tampak sedang sibuk menyiapkan berkas SGR dan SKT tanah masyarakat. Yang menarik dalam pantauan media ini adalah, segala urusan itu tidak dikenakan biaya. Rasa penasaran kru media ini juga terjawab ketika secara diam-diam menanyakan salah seorang warga yang mengurus SKT tanahnya.

Warga tersebut merasa diayomi oleh Kepala Desanya, sebab menurutnya segala sesuatu surat menyurat digratiskan oleh kades. "Di sini kami tak pornah kono duit kalo mengurus surat-surat," kata warga tersebut menggunakan bahasa daerah.

Dari hitungan masa jabatan, Mangimbur hanya punya waktu beberapa bulan lagi untuk duduk di kursi kepala desanya. Namun menurut warga sang kades memang sudah banyak berbuat untuk warga. Maka ketika ditanya lebih lanjut tentang program kerjanya Mangimbur mengatakan selain bekerja sesuai aturan dia selalu memberikan pelayanan prima pada publik (masyarakat).

"Yang terpenting bagi saya dalam bentuk pelayanan terhadap masyarakat tidak pernah menciptakan nuansa rupiah," jelas Menghibur.

Untuk silaturrahmi kepada warga, Mangimbur tidak pernah mau absen terutama masalah warga yang meninggal dunia.

Selanjutnya untuk pencalonannya sebagai kepala desa diperiode kedua Mangimbur menjawab bahwa semua kembali kepada masyarakat.

"Semua terpulang pada masyarakat karena itu adalah amanah. Yang pasti saya akan terus berbuat yang terbaik untuk merubah desa Pematang Rambai menjadi yang terbaik," ujarnya.*