PADANGSIDIMPUAN-Bantuan berupa beras untuk Kelompok Penerima Manfaat  (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) selama 2 bulan untuk bulan Agustus dan September dari Program Jaring Pengaman Sosial Dampak Covid 19 Kementerian Sosial RI diserahkan secara simbolis, di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Kamis (1/10/2020).

Penyerahan bantuan beras tersebut dihadiri oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar, Dandim 0212/TS Rooy Chandra Sihombing, Danyon 123/RW Goklas P Silaban, Mewakili Kapolres Padangsidimpuan, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, Kepala Bulog Amsyar Willy, Para Asisten, Kadis Sosial Daulat Parlindungan dan Camat se-Kota Padangsidimpuan.

Bantuan beras ini merupakan perluasan program jaring pengaman sosial dampak Covid-19 Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI yang mendapatkan penugasan sebagai pelaksana bantuan sosial (Bansos) beras bagi keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) diseluruh Indonesia.

Kadis Sosial Daulat Parlindungan mengungkapkan Jumlah KPM di Kota Padangsidimpuan yang mendapatkan bantuan beras dari Program Bantuan Sosial Beras sebanyak 5787 KPM di Enam Kecamatan Kota Padangsidimpuan yang mulai di bagikan Senin 28 September 2020, Sesuai arahan dari Kementerian Sosial.

“Sebanyak 1043 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Utara, 1055 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, 1676 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, 816 KPM di Kecamatan Padansidimpuan Hutaimbaru, sebanyak 795 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua dan 452 KPM di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu”, Paparnya.

Kepala Bulog Sub Divre Padangsidimpuan Amsyar Willy menyebutkan BSB yang dikeluarkan oleh Bulog kali ini diserahkan 2 bulan sekaligus, yakni Bulan Agustus dan September.

“Dimana setiap bulan penerima KPM PKH menerima sebanyak 15 Kg, dikalikan 2 bulan sehingga setiap KPM yang menerima bantuan kali ini sebanyak 30 Kg beras per-KPM sehingga total beras yang salur ini sebanyak 173 Ton”, ucapnya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution merasa bersyukur atas berjalannya program Bantuan Sosial Beras ini, menurutnya program tersebut dalam jangka pendek dapat mengurangi beban masyarakat terkait dampak Pandemi Covid-19.

“Dalam jangka panjang diharapkan dapat memutuskan mata rantai kemiskinan antar generasi sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari garis kemiskinan”, ujar Wako Irsan.

Wako Irsan juga menghimbau pendamping PKH agar selalu semangat dalam bekerja dan melakukan aktivitasnya sesuai petunjuk dari Kemensos.

Acara tersebut ditandai penyerahan secara simbolis bantuan beras kepada penerima bantuan PKH oleh Walikota dan Forkopimda.