LABURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar tes swab massal gratis untuk 295 orang di seluruh Kabupaten Labuhanbatu Utara selama 5 hari sejak 21-26 September 2020.

Hari pertama dilaksanakan di UPTD Puskesmas Sukarame, Desa Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, dihadiri langsung Bupati Labura H. Khairudinsyah Sitorus, SE. Senin (21/09/2020)

Bupati Labura, H. Khairudinsyah Sitorus, SE menjelaskan ada lima lokasi yang akan dilakukan tes swab massal gratis.

"ada lima lokasi yang akan dilakukan tes swab massal gratis yaitu di Puskesmas Sukarame, Puskesmas Gunting Saga, Bandar Durian, Kota Batu dan yang terakhir di Marbau" jelas Kharuddin Syah.

Bupati juga menjelaskan untuk anggaran tes swab ini berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"anggaran tes swab ini berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan kita patut berterima kasih kepada Bapak Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi, karena bersedian membantu Kabupaten Labura dalam melaksanakan tes swab massal demi mengantisipasi pandemi Covid-19"

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Labura dr.Hj. Saodah Nasution menjelaskan, prosedur swab secara teknis adalah pengambilan sampel lendir dari hidung dan tenggorkan. Hal ini untuk mengetahui apakah ada virus Covid-19 di dalamnya atau tidak.

Setelah dimasukkan ke dalam tabung yang sudah ditandai, hasilnya langsung dikirim ke Laboratorium USU Medan. Kemungkinan hasil akan diketahui oleh yang bersangkutan selama 2-3 hari.

"Jika hasilnya nanti positif, namun yang bersangkutan merupakan orang tanpa gejala (OTG), maka wajib dilakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Namun, jika dia sakit dan hasil swab positif, wajib dilakukan isolasi di rumah sakit selama 14 hari,” sebut Hj. Saodah.