SERGAI-Ta'aruf Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serdang Bedagai dan Komisi- Komisi maupun Tim Verifikasi Audit Internal MUI Sergai, Minggu (20/9/2020) dikukuhkan.

Pengukuhan Ta'aruf MUI oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum MUI Sumut, Prof.Dr.H Abdulah Syah MA dan Dr.Ardiansyah MA di laksanakan di Masjid Agung Sergai, tepatnya Dusun I Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai), kegiatan ini laksanakan berpedoman dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan ini turut hadir, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya, Ketua MUI Sergai H.Hasful Huznain, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Dandim 0204/DS di wakili Kapten Rochani, Kakan Kemenag Sergai H.Zulkifli.Sitorus, Kabag Kesos Arianto SPd, perwakilan Ormas dan Pesantren.

Adapun Pengurus MUI Sergai yang dikukuhkan yakni Ketua Umum Drs H. Haspul Huznain, SH, Sekretaris Umum H. Elmis, SH dan Bemdahara Umun H. Jumri didampingi unsur Ketua, Sekretaris dan Bedahara, selanjunya Pengukuhan Komisi-Komisi dan Tim Verifikasi Audit Internal MUI Sergai oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum MUI Sergai Drs H. Haspul Huznain, SH dan H Elmis SH.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum MUI Sumut Prof.Dr Abdullah Syah MA mengatakan kedepan dibutuhkan sosok pemimpin yang baik dan berani serta mampu bekerja sama dengan pemerintah, sehingga pengurus MUI Sergai diharapkan mampu menjadi pemimpin yang diharapkan umat.

"Tugas pokok MUI adalah berdakwah, sehingga Pengurus MUI Sergai diminta untuk berdakwah sampai ke daerah-daerah penggiran dan daerah terpencil dalam upaya membina umat dengan pemahaman Islam yang sebenarnya, sehingga MUI mampu memayungi dan melindungi umat Islam di Sergai, berhidmah melayani umat," cetus Prof.Dr Abdullah Syah MA.

Ketua Umum MUI Sergai Drsh Haspul.Huznain SH memuturkan ada tiga fungsi MUI yakni wadah musyawarah, wadah silaturahmi, serta sebagai wadah penghubung antara intern umat Islam dengan Pemerintah, untuk itu Ketua MUI Sergai berharap kedepan antara Ulama.dan Umaroh dapat bergandeng tangan demi kebaikan dan kemaslahatan umat.

Sementara itu, Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menegaskan atas nama Pemkab Sergai siap menjalin kemitraan dengan MUI Sergai dalam upaya pembinaan dan kemaslahatan umat Islam khususnya.

Wabup juga berpesan kiranya pengurus MUI Sergai yang hari ini dikukuhkan mampu membawa organisasi ini kepada perwujudan visi dan misi serta mampu menyikapi berbagai perkembangan situasi dan persoalan umat diera milenial.

"Kami juga mengharapkan MUI dapat merumuskan dan melaksanakan berbagai program kerja sebagai perwujudan aktualisasi suasana kehidupan beragama yang kondusif," harap H Darma Wijaya.