7 Dari 8 Partai Di DPRD Kabupaten Toba Dukung dan Daftarkan Paslon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada 2020

7 Dari 8 Partai Di DPRD Kabupaten Toba Dukung dan Daftarkan Paslon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada 2020
Minggu, 06 September 2020 16:58 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBA-pendaftar peserta pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati yang gelar KPUD Kabupaten Toba Samosir (Toba) selama 3 Hari (Jumat, Sabtu dan Minggu) 4,5 dan 6 September 2020 hampir dapat dipastikan diikuti oleh 2 Pasangan Kontestan (Had to Had) pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Petahana/Incumbent Ir.Darwin Siagian/Ir.Hulman Sitorus,MM vs Paslon poltak Sitorus/Tonny Simanjuntak.

Berdasarkan pantauan dan pengamatan Gosumut.com yang mendaftar hingga pukul 14.00 Wib pada Minggu (6/9/2020) sebagai batas akhir waktu hari pendaftaran yang telah ditetapkan sesuai jadwal tahapan pendaftaran di KPUD tidak ada lagi yang hadir.

Diketahui hampir semua partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Toba telah memiliki dan mendaftarkan pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati yang telah di rekomendasikan untuk didukung dan diusung pada Pemilukada 9 Desember 2020 ini.

Masing masing partai pemilik kursi dinDPRD Kabupaten Toba telah mendaftarkan pasangan bakal calon Bupati yang direkomendasikan Partainya masing masing untuk diusung partai pada Pemilukada serentak 09 Desember 2020 yang akan datang.
Ads

Untuk DPRD terpilih Partai Golkar yang memiliki 6 Kursi, Partai Nasdem 5 Kursi, Partai Demokrat 4 Kursi dan Partai PKB 4 Kursi. total keseluruhan 19 Kursi dari 4 Partai resmi mengusung dan memdaftarkan pasangan Petahana/Incumbent Ir.Darwin Siagian/Ir.Hulman Sitorus,MM.

Untuk DPRD Partai PDI Perjuangan memiliki 5 Kursi, Partai Perindo 3 Kursi dan Partai PKPI 1 Kursi resmi mengusung dan telah mendaftarkan pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Poltak Sitorus/Tonny Simanjuntak.

Sedangkan Partai Hanura DPD Kabupaten Toba yang memiliki 2 kursi Dewan di DPRD Kabupaten Toba hingga hari ini Minggu 06/09/2020 belum dan tidak memberikan dukungan partainya kepada ke Dua Pasangan Bakal Calon Bupati atau kemungkinan abstain dalam hal memberikan dukungan partai kepada pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada serentak Kabupaten Toba tahun 2020.

Hal ini ketika di konfirmasi Gosumut.com Minggu, (6/9/2020) via telefon WA kepada Ketua DPD Partai Hanura Kabupaten Toba Samsudin Manurung tidak mengangkat Hp

Karena sebelumnya wartawan Gosumut Biro Kabupaten Toba saat mengklarifikasi via WA Telefon Selulernya salah menuliskan Nama Partai dan Samsudin Manurung Ketua DPD Partai Hanura Kabupaten Toba menjawab "Salah Kirim Kawan...Horas"...ketika setelah diperbaiki dan minta maaf atas kesalah penulisan nama partai yang dikonfirmasi tetap juga tidak mau memberikan jawabannya padahal terlihat dalam layar WA HP telah tercentang dua dengan warna biru pertanda sudah dibaca.

Ketua KPUD Kabupaten Toba melalui salah satu Komisoner KPUD Sahat Sibarani kepada Gosumut saat di konfirmasi by Phone menjelaskan, dari semua partai pemenang pemilik Kursi Dewan di DPRD Kabupaten Toba telah memberikan dukungan dan mendaftarkan pasangan bakal calon Bupati dukungan partainya untuk menjadi kontestan pada Pemilukada Kabupaten Toba sesuai yang dirkomendasikan partainya masing masing.

Lanjut Sahat, ada Satu Partai pemilik Kursi di DPRD Kabupateb Toba Partai HANURA yang memiliki 2 Kursi Dewan di DPRD Kabupaten Toba belum memberikan hak suara dukungan Partainya kepada diantara pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati yang sudah mendaftar.

"Kami, KPUD Kabupaten Toba tidak mengetahui alasannya Partai HANURA DPD Kabupaten Toba apa alasan mereka belum memberikan dukungan hak suara partainya dan apakah mereka tidak akan mendukung atau tidak memberikan hak suara dukungan mereka kepada salah satu Paslon yang sudah mendaftar. Kami tidak tahu itu," ujar Sahat.

Lanjutnya, namun demikian KAPUD Kabupaten Toba tetap menunggu Partai HANURA hingga batas akhir penutupan penerimaan pendaftaran tepat pada Pukul 00.00 Wib Minggu, (6/9/2020) dini hari. Kita tetap menunggu apakah Partai HANURA pada akhir waktu akan memberikan hak suara dukungan partainya kepada salah satu Pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati yang sudah mendaftar ataukah mereka abstain.kita tetap akan tunggu," tegas Sahat kepada Gosumut.
www www