Sosok-Kapolres H. Ikhsan Lubis SH, MH merupakan jiwa yang berhati mulia. Dimana selama menjabat Kapolres Pelabuhan Belawan dan Kapolres Batubara dirinya merupakan sosok yang peduli dan gemar membantu masyarakat kurang mampu.

Aspirasi masyarakat terus ditanggapi terutama dalam penanganan tindak pidana kriminalitas hingga laporan penyakit masyarakat dan penyalagunaan narkoba. H Ikhsan Lubis langsung respon dan tanggap sehingga laporan masyarakat tersebut langsung di selesaikan dalam waktu singkat.

Selain menjadi sosok pemimpin di Instansi Polri tempatnya mengabdi, Bapak empat anak ini cukup terkenal ramah dan sederhana. Hal ini membuat H Ikhsan Lubis sangat dikagumi banyak orang, baik internal Polri maupun masyarakat dimana beliau ditempatkan tugasnya.

Salah satu gagasan dan gerakan keren H Ikhsan Lubis SH adalah mengkombinasikan Kamtibmas dan sosial lewat Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) yang sudah di kiprahkan dalam setahun ini.

Ia gemar menyambangi masyarakat kecil, baik kaum dhuafa, anak yatim piatu hingga masyarakat kurang mampu semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan.

Merupakan sosok pria mudah tersenyum juga aktif dikalangan masyarakat dan suka berkunjung hingga bersilaturahmi kepada para Tokoh Ulama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat dalam penyampaian kondusifitas di wilayah hukumnya.

Sepanjang pelaksanaan tugasnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan dan Batubara hampir tak terdengar kasus kriminal yang menonjol yang terjadi ditengah masyarakat. Jika adanya terjadi kasus sosial maka akan terselesaikan dalam kurun waktu singkat.

Bahkan disisi lain, Sosok Kapolres H. Ikhsan Lubis SH, MH juga dekat dikalangan jurnalis (wartawan-red) terdiri media siber, Cetak dan Elektronik di wilayah hukumnya, baik dalam kegiatan hingga memberikan informasi penting dalam membantu menyebarkan luaskan kepada masyarakat di wilayah hukumnya.

Pria berdarah Mandailing, kelahiran di Medan tanggal 7 Juli 1964 ini sebelum bertugas di Polres Batu bara, telah memangku jabatan yang sama sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan bersama jajaran selalu mendatangi rumah- rumah masyarakat miskin dan kaum dhuafa untuk memberikan bantuan kepada masyarakat kecil dalam Komunitas Sedekah Jumat (KSJ).

H Ikhsan Lubis SH, MH yang selaku Pendiri dan Pembina Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), merasa bersyukur di usia yang genap setahun pada 16 Agustus 2018, KSJ begitu pesat yang terus berkembang yang kini sudah ada di 10 Kabupaten /Kota di Provinsi Sumatera Utara dan menyusuk akhir 2020. Akan ada 17 KSJ Kabupaten Kota Sumut.

“Besarnya KJS ini berkat doa dan amal baik kita semua, bulan depan KSJ juga sudah memiliki perwakilan di Ibukota yang berkantor di Bekasi, menyusul juga dibentuknya KSJ Provinsi Aceh yang akan diresmikan di halaman Masjid Baiturrahman, Banda Aceh serta KSJ Provinsi Riau,”ujar H Ikhsan Lubis di sela sela perayaan Ulang Tahun ke 56 tahun di halaman belakang Klinik Suwandy Simpang Bandar Tinggi, Batubara, Rabu (8/7/2020) malam.

Senada dikatakan Rosmiana Marpaung (50) warga Desa Sei Suka, Kabupaten Batubara mengaku merasa senang dengan bapak Kapolres yang turun langsung memberikan bantuan sembako.

“Saya sangat senang dan terharu, karena Bapak kapolres datang langsung ke rumah saya untuk memberikan bantuan berupa sembako, saya berharap bapak Kapolres sehat selalu dan diberikan umur panjang,” kata Br Marpaung kepada Gosumut.com, Senin(1/9/2020).

Sementara itu, Khairul (56) warga batubara juga mengaku merasa senang kepada bapak Kapolres Batubara ini, dimana keluhan masyarakat selalu cepat respon dan tanggap tentang laporan masyarakat batubara.

"Kapolres Batubara ini sangat respon dan tanggap, jika adanya laporan masyarakat terutama dalam hal laporan penting. Kemaren ada masyarakat SmS bapak Kapolres Batubara tentang warga miskin tidak dapat bantuan covid-19, esok harinya bapak Kapolres Batubara dan jajaran langsung turun dan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu,"cetus Khairul.

Sementara itu, Sarifuddin (60)seorang wartawan yang bertugas di Batubara menyampaikan bahwa sosok Kapolres H Ikhasan Lubis SH, MH merupahkan sosok yang berbaik budi dan rama tamah kepada kalangan jurnalis di wilayah Kabupaten Batubara.

"Kapolres Batubara ini baik sekali dan suka bergaul kepada kalangan jurnalis dan tidak memandang baik dari media Siber, Cetak Mingguan, Harian dan Elektronik semuanya dirangkul, begitu juga dengan LSM maupun organisasi semua terlihat kompak dengan beliau," imbuhnya.

Bahkan, lanjut Sariffuddin, Kapolres Batubara AKBP H.Ikhwan Lubis SH MH saat ini yang sangat peduli untuk membantu warga miskin yang tengah membutuhkan dengan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) nya.

Selain itu, Gagasan KSJ ini telah dimulai Kapolres AKBP H Ikhwan Lubis sejak masih bertugas di Pelabuhan Belawan, dan KSJ ini melibatkan seluruh satuan yang ada dibawah Komandonya yaitu Polres Batubara. Dalam setiap kunjungan Kapolres juga mengajak para Pejabat Utama (PJU) Polres Batubara untuk memberikan bantuan sembari menyampaikan pesan -pesan Kamtibmas",ungkap Sariffuddin.

Mantan Kapolres Pelabuhan Belawan juga memiliki jiwa sosial terutama masyarakat kecil, dirinya juga menyempatkan diri untuk memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu,"ucap Sariffudin saat dikonfirmasi Gosumut.com.

"Mudah- mudahan dengan kepimpinan beliau menjadi Kapolres Batubara dalam menciptakan keamanan, ketertiban, penegakan hukum, mengayom dapat terus melayani masyarakat semua dan bisa dilakukan hingga ke pelosok desa,"tutupnya.

Sementara itu, Sulis (54) warga Belawan saat dikonfirmasi Gosumut tentang sosok Kapolres H Ikhsan Lubis SH, MH selama menjabat sebagai Kapolres Labuhan Belawan mengaku bangga dengan kenerja beliau sebagai pemimpin wilayah hukumnya hingga menjadi kondusif dan aman.

Ditambah lagi, dalam kasus peredaran narkoba hingga perjudian, seluruh jajaran Polres Labuhan Belawan terus di memberantas peredaran narkoba hingga kepelosok desa.

"Saya senang dan bangga kepada Bapak H Ikhsan Lubis, selama menjabat menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan tindak pidana kriminallitas dan peredaran narkoba terus dibrantas sehingga kondusifitas desa kami menjadi aman dan kondusif," ujar Sulis seorang pedagang keliling.

"Semoga bapak H Ikhsan Lubis yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Batubara diberikan kesehatan dan murah reziki, sehingga kegiatan beliau yang bertugas sebagai mengabdi negara terus ditingkatkan terutama dalam menggelar bakti sosial kepada masyarakat kurang mampu," cerusnya.