MEDAN - Pengurus KNPI Sumut menggelar deklarasi gerakan pakai masker, Jumat (21/8/2020). Acara yang dihelat di Pendopo Lapangan Merdeka Medan itu juga diikuti pembacaan manifesto pemuda Sumatera Utara melawan Covid-19. Ketua Harian DPD KNPI Sumut, Ahmad Khairuddin, memimpin langsung pembacaan deklarasi dan manifesto tersebut.

Selain gebrak masker di masyarakat, KNPI Sumut bersama Pemprovsu dan masyarakat bertekad memutus penyebaran Covid-19.

"Pemerintah dan tenaga medis tidak bekerja sendiri, pemuda Sumatera Utara siap bekerja bersama mencegah Covid-19. Energy of Harmony untuk kemajuan bangsa,” kata Khairuddin.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan, mengatakan, pihaknya ingin berperan aktif dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Salah satu caranya dengan menggunakan masker. Gerakan ini kita mulai dari Medan, Binjai dan Deliserdang. Ini salah satu bentuk energy of harmony KNPI untuk Sumut” kata Samsir.

Mantan Ketua Umum Badko HMI Sumut ini berharap seluruh kepengurusan KNPI bersama masyarakat memperketat pelaksanaan protokol kesehatan.

“Pakai masker. Taati protokol kesehatan. Kegiatan ini sangat bagus. Harapannya, kita pemuda turut membantu mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Turut hadir dalam deklarasi itu Wakil Ketua Umum DPP KNPI Sumut, Sugiat Santoso. Sugiat mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan DPD KNPI Sumut ini.

“Peran pemuda sangat konkret mencegah Covid-19 dengan kegiatan ini. DPP KNPI mengapresiasi,” tukas Sugiat yang juga Ketua MPI KNPI Sumut ini.

Dia menambahkan, gerakan ini menjadi sangat bermanfaat di tengah belum adanya solusi penanganan yang tegas dari pemerintah daerah Sumatera Utara. “Kami berharap KNPI Sumut juga mendorong Pemprovsu bekerja lebih bermartabat dalam menangani Covid-19 untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sumut, Aulia Rizki Agsa. Aulia merupakan salah satu pasien positif Covid-19 yang telah sembuh. “Kalau ada yang bilang Covid-19 ini adalah bentuk propaganda, itu salah. Saya yang sudah merasakan,” ujarnya.

Aulia mengajak elemen pemuda benar-benar berperan aktif memerangi penyebaran Covid-19.

"Pemuda harus ada di depan memerangi covid. Jangan berpangku tangan," kata Aulia Agsa.

Acara juga dirangkai doa bersama untuk tenaga medis yang gugur dalam menangani wabah covid-19 di Sumut.