MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan kini sudah mulai melakukan pemeriksaan sendiri sampel swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dari pasien Covid-19. Direktur RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan menerangkan, pemeriksaan tersebut telah mulai mereka lakukan sejak Selasa (18/8/2020) kemarin, khususnya terhadap sampel swab pasien Covid-19 yang mereka rawat.

"Mulai semalam kita telah melaksanakan swab PCR dengan teknologi modern full automatic. Dengan adanya PCR ini, diharapkan penanganan Covid 19 menjadi lebih baik lagi," ungkap Suryadi kepada wartawan didampingi Wadir Pelayanan Medis dan Keperawatan dr Rushakim Lubis, SpOG dan Wadir SDM dan Pendidikan dr Syamsul Arifin, SpOG, Rabu (19/8/2020).

Suryadi menjelaskan, penyediaan alat ini merupakan salah satu program dari Pemerintahan Kota Medan dibawah pimpinan Plt Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution Msi. Di mana, Pemko Medan memberikan perhatian yang luar biasa untuk penanganan Covid 19 di Kota Medan.

Dibawah kendali patologi klinik, alat yang sudah cukup modern dan memadai ini diharapkan dapat melayani banyak pemeriksaan swab pasien Covid 19.

"Kita harapkan kerjasama dengan semua ruma sakit di Kota Medan maupun seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Patologi Klinik RSUD dr Pirngadi Medan dr Renatha Nita Hadameon N SpPK menambahkan, saat ini sudah ada 28 sampel swab yang mereka periksa, terdiri dari 11 sampel pada Selasa (18/8/2020) dan 17 sampel pada Rabu (19/8/2020).

"Ini murni pasien kita sendiri. Dalam prosesnya, deteksi yang dilakukan dalam sekali jalan, bisa memeriksa hingga 90 sampel dan sehari bisa 150 sampel. Dari situ kita memang bisa langsung tahu hasilnya, tapi harus divalidasi lagi, sehingga butuh waktu 24 jam sebelum hasilnya disampaikan kepada keluarga," pungkasnya.