MEDAN - Istri Ir H Akhyar Nasution MSi, Hj Nurul Khairani Akhyar bersama Relawan Jadikan Akhyar Medan Satu (JAMU) serta Arrahman Peduli Umat belanja kebutuhan dapur rumahnya di Pasar 'Pajak' UKA Martubung dan Pasar Marelan. Selain belanja, beliau juga Kampanyekan Protokol Kesehatan menghadapi Virus Covid 19. Tiba di Pajak UKA Martubung pada Jumat 3 Juli 2020, Nurul Khairani Akhyar yang mengenakan kaos putih bertuliskan Relawan JAMU mengenakan Face Sheild dan masker serta mamaku sepatu boat plastik. Didampingi para Relawan JAMU, Nurul Akhyar belanja sayur mayur, bawang putih, cabai, kerupuk mentah, buah-buahan dan sejumlah ikan.

Setiap membeli barang kebutuhan dapur, Nurul Akhyar mengingatkan kepada para pedagang untuk tetap mengenakan masker dan selalu membawa hand sanitizer atau sering-sering cuci tangan, dengan cara itu kita sudah sama-sama membantu menghindari penyebaran Virus Covid 19.

"Ibu kenapa tidak pakai masker, ayo dipakai Bu. Kalau tidak ada masker, ini saya kasih tolong dipakai ya. Kemudian, ada hand sanitizer, ini saya kasih juga ya. Dipakai ya Bu, kalau ibu sudah melakukannya, berarti sudah membantu kita semua menghindari penyebaran virus Covid 19," ucapnya ke pedagang bawang di Pajak UKA Martubung.

Setelah menyampaikan hal tersebut, Nurul Akhyar juga mengingatkan pembeli yang berkunjung ke Pajak UKA untuk mengenakan masker. Jika ada kedapatan yang tidak mengenakkan masker, maka Nurul mengajak pengunjung pasar berdialog. Usai diberikan informasi mengenai pentingnya masker, Nurul menyerahkan masker dan kantongan belanja dari kain.

"Tadi saya ke Pajak UKA Martubung dan Pasar Marelan, saya belanja kebutuhan dapur di pajak ini. Semuanya lengkap. Saya ke sini juga karena banyak kebutuhan dapur kami yang sudah habis. Biasanya saya belanja sendiri di Pajak Cemara, karena ini diajak kawan-kawan dan sekalian bagi-bagi masker, maka kami pilih di dua pajak ini," kata Nurul Khairani br Lubis.

Nurul menyebutkan, di dua pasar ini sudah mulai banyak yang mematuhi Protokol Kesehatan menghadapi Pandemi Virus Covid 19, dan kami terus mengkampanyekan protokol kesehatan agar semua warga memahami pentingnya memakai masker. "Saya juga ingatkan ke warga yang berkunjung ke pasar untuk tetap mamakai masker dan membawa kantongan kain dari rumah," sebutnya didampingi Ketua Relawan Ustad Ade Darmawan.

Ustad Ade Darmawan mengatakan, kami sengaja membawa istri Bang Akhyar Nasution ke Pasar Marelan dan Pasar UKA untuk Kampanyekan Protokol kasehatan menghadapi Virus Covid 19. Karena kami meyakini, pengunjung pasar mayoritas ibu-ibu, jadi pendekatan untuk saling mengingatkan ini lebih tepat membawa istri dari Pak Akhyar Nasution.

"Alhamdulillah, respon warga yang berkunjung ke pasar dan para pedagang baik. Kebanyakan berkomitmen memakai masker dan membawa kantongan kain belanja dari rumah masing-masing," sebutnya sambil membagikan kantongan kain, masker dan hand sanitizer dari Arrahmad Peduli Umat kepada sejumlah pengunjung pasar.

Dia menyampaikan, selain kedua pasar ini, kami akan berkunjung ke sejumlah pasar lainnya agar Kota Medan ini terbebas dari Pandemi Virus Covid 19. (*)