LANGKAT-Danramil 06 Bahorok Kapt Arh Fauzan menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati. Kemajemukan suku, adat/budaya ras dan kepercayaan mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terangkum dalam bingkai ke Bhinekaan negara kesatuan RI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. "TNI mengawal/kedaulatan negara dari rongrongan pihak dalam dan luar negeri," tegasnya.

Namun tanpa dukungan masyarakat sesuai daerah teritorial wilayah kerja, kinerja TNI tidak akan maksimal. Informasi perkembangan suatu daerah sangat dibutuhkan TNI.

Hal demikian disampaikan Kap Arh Fauzan pada kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial, Jumat, (19/6/2020) di aula Makoramil 06 Bahorok.

Kapt Arh Fauzan yang baru bertugas di Koramil 06 berharap adanya kordinasi /komunikasi yang sinergi antara TNI dengan masyarakat.

Dihadapan peserta terdiri dari tokoh masyarakat dan tokoh agama dikatakannya dimasa pandemi covid-19 hendaknya saling menjaga diri dan mengikuti anjuran pemerintah sesuai SOP kesehatan. Bertujuan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sementara Batu ud Koramil 06 Peltu Iswanto Sitepu memaparkan program TNI turut serta dalam membangun.Diantaranya sasaran target desa terpencil, pulau terluar dan daerah rawan konflik.

"Menyuarakan semangat bela negara ke seluruh komponen masyarakat menjadi salah fokus utama TNI," urai Batu ud.

"Meningkatkan kemampuan masyarakat, TNI memiliki program yakni pelatihan dan penataran bertujuan meningkatkan wawasan berkebangsaan," tandasnya.

Ditempat yang sama H Mahmuddin Sani salah seorang tokoh masyarakat menyampaikan mendukung tugas TNI. Bangsa dan negara tidak boleh terkotak-kotak apalagi terberai apapun dalih serta jenisnya. Masyarakat pengguna sosial media (sosmed) agar memfilter informasi yang tersebar.

"Bertujuan tidak mudah terprovokasi hanya karena penyebaran informasi sosmed berpotensi merubah situasi dan kondisi," ujarnya.

Mantan anggota DPRD Langkat dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di era sebelum reformasi menambahkan negara kokoh jika TNI kuat bersama rakyat.

Pada kegiatan itu Danramil 06 juga memberikan bingkisan cendramata dan sembako. Hadir ketua Majelus Ulama Indonesia (MUI) H Hamdan AR. Sesepuh merga silima, Masang Sembiring, Asnan Sitepu, hadir juga Hasan Basri SH mantan anggota DPRD Langkat dari Partai Amanat Nasional (PAN) serta lainnya.