MEDAN-Forum Zakat Provinsi Sumatra Utara (Sumut) berhasil menghimpun dana sebesar Rp.6,8 miliar selama Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Dari jumlah dan tersebut, FOZ Sumut membantu 60.419 penerima manfaat terdampak Covid-19 selama Ramadhan 1441 Hijriah. "Alhamdulillah. Tercatat terdapat 60.419 jiwa yang terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri. Dengan jumlah penghimpunan keseluruhan sebanyak Rp. 6.852.271.757, selama bulan Ramadhan,” kata Ketua FOZ Sumut Munawar dalam siaran persnya, Senin, (15/6/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, donasi tersebut dikumpulkan dari 20 lembaga yang tergabung dalam FOZ Sumut. “Tentu saja jumlah tersebut merupakan kontribusi luar biasa yang dihasilkan dari 20 lembaga anggota FOZ Sumut,” jelasnya.

Kendati demikian, Munawar mengungkapkan, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan potensi zakat di Sumut. “Walaupun angka ini masih jauh dari potensi zakat yang ada di wilayah Sumut, namun itu sangat meringankan beban warga penerima manfaat. Apalagi di tengah pandemi ini,” ungkapnya seraya berharap tahun-tahuh mendatang FOZ Sumut dapat memberikan kontribusi hebat lainnya untuk masyarakat dengan menyisihkan penghasilannya.

Sementara itu, Sekeretaris FOZ Sumut, M Iqbal Farizi mengatakan, dari 20 anggota FOZ Sumut, baru 70 persen yang melaporkan data angka penghimpunannya dan 80 persen menyampaikan jumlah penerima manfaatnya untuk program Ramadhan. “Untuk itu, kita berharap, semoga di kegiatan Akbar selanjutnya data bisa terkumpul 100 persen dari seluruh anggota dan jumlah tersebut dapat bertambah dari lembaga zakat dan kemanusiaan lainnya yang ada kabupaten/kota di seluruh Sumut,” kata Iqbal.