MEDAN-Relawan Perempuan Pembangunan Masjid Agung Sumut (RPPMAS) salurkan bantuan sebesar Rp. 5 miliar untuk pembangunan Mesjid Agung Medan.

Donasi yang digalang dari para donatur dan masyarakat lewat berbagai kegiatan di Medan antara lain nonton bareng musik gambus dengan artis ibu kota Nissa Sabyan, serta tabligh akbar yang diisi oleh Ustaz kondang Abdul Somad tersebut diserahkan langsung oleh Ketua RPPMAS, dr Hj Sonda Sari Batubara kepada Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Sumut Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi di Mesjid Agung, Jalan Dipenogoro Medan, Selasa, (9/6/2020). "Donasi yang diserahkan untuk pembangunan Mesjid Agung ini merupakan hasil penggalangan dana dari internal pengurus dan elemen masyarakat lewat berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh RPPMAS selama setahun terakhir," ujar Sonda Sari Batubara.

Lebih lanjut dijelaskannya, ke depan, RPPMAS akan kembali menyerahkan donasi untuk pembangunan Mesjid Agung. "Insyallah, selain donasi ini, dalam waktu dekat, kami juga akan kembali menyerahkan bantuan sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan Mesjid Agung," jelasnya.

Menurut Sonda, RPPMAS melakukan penggalangan dana untuk Mesjid Agung dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan lewat kegiatan tersebut di atas agar pembangunan mesjid kebanggaan warga Sumut ini segera selesai. "Insyaallah kita saling membantu dalam mempercepat pembangunan Masjid Agung kita ini, yang nantinya bukan saja sebagai pusat kegiatan ibadah. Melainkan juga kegiatan pendidikan, budaya, ekonomi pemberdayaan umat dan ilmu. Insyaallah, Mesjid Agung ini sebagai mesjid yang nyaman, megah yang bisa membuat kita semua terpacu semangat ibadahnya dan kekuatan imannya serta kecintaannya dengan mesjid sehingga hati kita selalu tertambat padanya dan untuk selalu hadir di dalamnya," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi RPPMAS yang berhasil menggelang dana sebesar Rp. 5 miliar untuk pembangunan Mesjid Agung. "Donasi ini menjadi motivasi dalam percepatan pembangunan masjid kebanggaan warga Sumut. Niat relawan akan memberikan berkah. Syukron buat para relawan, Allah yang akan membalas semua ini," kata Edy Rahmayadi usai menerima donasi.

Selain itu, Edy menyebutkan, progres pembangunan Masjid Agung yang sudah mencapai 60 % merupakan motivasi untuk rakyat Sumut. "Diharapkan masyarakat terus dapat memberikan bantuan untuk pembangunan masjid yang akan menjadi salah satu ikon Sumut nantinya," sebut mantan Pangdam I/Bukit Barisan ini.

Usai penyerahan donasi, Edy Rahmayadi bersama relawan sempat meninjau progres pembangunan Masjid Agung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Dodi Shah, Penasehat RPPMAS Nawal Edy Rahmayadi, Ketua Badan Kenaziran Mesjid (BKM) Agung, Impun Siregar.