LABUHANBATU - Ditengah pandemi Covid 19 saat ini, berbagai upaya terus dilakukan Polres Labuhanbatu khususnya di jajaran Polsek Bilah Hulu dalam mengamankan penyaluran BST di tengah-tengah masyarakat. Pada kali ini, Unit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Bilah Hulu, Senin (8/6/2020) melaksanakan pengawalan penyaluran BST dan memberikan pemahaman kepada warga atas bantuan yang diberikan.

Kali ini, Kanit Binmas Ipti P. Harahap bersama Bhabinkamtibmas Aiptu SP. Siahaan menghadiri perkembangan terkait aksi unjuk rasa yang akan dilaksanakan warga Dusun Kampung Jawa B. Aksi ini tidak jadi dilakukan, karena menurut informasi dari Kadus Kampung Jawa B, Lasito kordinator mereka sedang mengurus izin ke Sat Intel Polres Labuhanbatu.

"Kita memberikan pencerahan kepada para kadus/perangkat desa terkait tentang covid 19/protokol kesehatan dan permasalahan bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada warga terdampak COVID 19 ada 4 bantuan, tapi masih ada bantuan yang belum datang, makanya hal ini membuat masyarakat tak sabaran menunggu, sehingga timbul niat untuk unjuk rasa," ungkap Kanit.

Untuk Bhabinkamtibmas Bripka Champion Bukit melaksankan pengamanan penyaluran BST Kemensos RI berupa Bantuan Sosial Tunai (BST tahap II) oleh pemerintah melalui PT. Pos kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 yang dilaksanakan di Kantor Pos Aek Nabara.

Dalam kesempatannya, Bhabinkamtibmas mengimbau agar tetap mempedomi Protokol Kesehatan untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Penyaluran hari ini dilakukan terhadap 3 desa yakni Desa Emplasmen sebanyak 58 KK, Desa Pematang Seleng sebanyak 202 KK, dan Desa Kampung Padang sebanyak 233 KK.

Sementara, Bhabinkamtibmas Bripka UP. Tambunan juga melakukan pengamanan penyaluran BST Kemensos ke - 2 di Kantor Pos Desa Pondok Batu.

Maksud dan tujuan Kemensos menyalurkan BST, untuk meringankan beban masyarakat miskin yang terdampak Covid 19. Adapun dana BST yg disalurkan bersumber dari Kemensos dengan jumlah Rp. 300.000.

Kepada masyarakat yang sedang mengantri di kantor Pos, petugas mengimbau agar tetap menpedomani protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun, serta menggunakan dana BST untuk kebutuhan sehari - hari terutama sembako.