LABUHANBATU - Dalam rangka pengembangan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Kabupaten Labuhanbatu Raya, Universitas Labuhanbatu melakukan kerjasama dengan beberapa kelompok tani di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Untuk pelaksanaan kerjasama ini, Sabtu (6/6/2020) kemarin, Rektor Universitas Labuhanbatu, Ade Parlaungan Nasution beserta rombongan menyambangi dan sekaligus bersilaturrahmi dengan pengurus 3 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Maju Jaya MBK Merbau Selatan, Labuhanbatu Utara, Kelompok Tani Padang Halaban Sekitarnya, Desa Sidomulyo, Aek Kuo, Labuhanbatu Utara dan Kelompok Tani Bukit Perjuangan, Aek Paing Labuhanbatu.

Dalam rombongan ini, Rektor di dampingi Dr. Sumitro (WR II ULB), Sriono, SH, MH (Ka. BAAK ULB), Bernat Panjaitan, SH, MH, (Direktur LBH Agraria Labuhanbatu) dan Yanto Ziliwu (Pengacara LBH Agraria), menyambangi kantor sekretariat masing masing kelompok tani dalam rangka silaturrahmi dan melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara ULB dan 3 Kelompok tani.

Menurut Ade Parlaungan Nasution, kerjasama ini dilakukan untuk pengembangan Inovasi di desa desa. Dalam hal ini diwakili oleh populasi kelompok tani.

"Dalam kegiatannya nanti akan diterapkan hasil-hasil penelian dan tugas akhir baik dosen maupun mahasisawa dalam bidang teknologi Pertanian, teknologi Pendidikan, Inkubasi Bisnis dan Penerapan Informasi Teknologi yang berbasis potensi desa masing-masing," ungkap Rektor.

Sebelumnya, menurut Ade, selama dua tahun terakhir ini ULB telah melakukan berbagi kegiatan di masing masing kelompok tani tersebut, baik itu dalam seminar Konflik Agraria, Seminar Hak Asasi Manusia dan kegiatan lainnya seperti pendampingan Hukum atas permasalahan konflik agraria di Kelompok Tani tersebut.

Dr. Sumitro, Wakil Rektor II Universitas Labuhanbatu menambahkan, dalam kerjasama ini ULB akan menempatkan mahasiswanya dalam berbagai kegiatan akademik seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek kerja Lapangan (PKL) dan berbagai kegiatan lainnya.