ASAHAN-Tabrakan mau terjadi hingga menewaskan salah satu korban di Jalinsum Medan- Rantauprapat KM 165-166 tepatnya di Dusun V, Pasar Mereng, Desa Perkebunan Sei Dadap I/II, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Minggu (7/6/2020).

Adapun yang mengalami tabrakan yaitu sepeda motor Honda Spacy BK-3386-VAQ, dengan pengendara bernama M. Rizki Sumantri (28) warga Jalan Tali Air, Kompleks RS. Jiwa No. 7, Kelurahan Mangga, Kecamatan MedanTuntungan, Kota Medan kontra dengan 2 mobil barang (mobar) truck Mitsubishi Tronton dengan nopol BK-8168-VM dengan pengemudi bernama Sarjan (55) warga Desa Pengkolan, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun dan mobar Truck Mitsubishi Tronton B-9827-QZ dengan pengemudi bernama Susanto (38) Dusun V, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai.

Berdasarkan pantauan wartawan, Rizki yang mengendarai sepeda motor tewas saat dievakuasi ke RSUD H Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran. Sedangkan Sarjan pengemudi mobar Truck Mitsubishi Tronton BK-8168-VM dirawat di RSU IVAN HUSADA Sentang, Kisaran.

Kronologisnya, Rizki yang mengendarai sepeda motor datang dari arah Rantau Prapat menuju arah Medan, setiba di TKP dengan kondisi permukaan jalan menikung ke kiri (dari arah Rantauprapat), permukaan badan jalan miring kiri rendah dan kanan jalan lebih tinggi, dekat persimpangan (di sebelah kanan), sehingga jalan tidak jelas (warna pudar), juga tidak ditemukan rambu-rambu perintah, peringatan maupun rambu rambu larangan.

Diduga Rizki mendahului dari sisi kanan Mobar Truck Mitsubishi Tronton yang dikemudikan oleh Sarjan, pada saat itu berjalan searah di depannya.

Disaat itu di depan truck yang dikemudikan Sarjan telah terdapat truck searah juga yang dikemudikan oleh Susanto sedang berhenti untuk memberikan perioritas melintas bagi kendaraan yang datang dari Simp Sei Kamah memasuki Jalinsum tersebut. Disaat itu juga Susanto berhenti tepat dibelakang mobil bus yang sedang menaikkan penumpang.

Seketika bersamaan, Rizki mendahului truck yang dikemudikan oleh Sarjan dengan cara menyalip dari sebelah kiri truck yang dikemudikan oleh Sarja.

Namun sesampainya Rizki di depan truck yang dikendarai oleh Sarjan, kecelakaan pun tak terhindari. Bagian kiri belakang sepeda motor yang dikendarai oleh Rizki ditabrak bagian kanan depan truck yang dikemudikan oleh Sarjan.

Kemudian sepeda motor yang dikendarai oleh Rizki sudah melekat di bagian depan kanan truck yang dikemudikan oleh Sarjan ikut serta terdorong ke bagian belakang truckdikemudikan oleh Susanto dan pada saat itu truck yang dikendarai oleh Susanto sedang berhenti di belakang Bus yang juga berhenti menaikan penumpang.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Asahan AKP. Budiono Saputro, SH melalui Kanit Laka Lantas IPDA. M. Rony, SH membenarkan kejadian tersebut.

"Iya benar ada terjadi laka lantas di Jalinsum tepatnya di Pasar Mereng, Kecamatan Sei Dadap yang menyebabkan pengendara sepeda motor atas nama M. Riski Sumantri meninggal dunia," jelasnya.*