ASAHAN-DAP (35) salah satu pegawai Bank BRI Unit Air Joman, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan dinyatakan positif Covid19 setelah menjalani uji Swab. DAP merupakan warga Kota Medan.

Hal tersebut diterangkan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi melalui Press Release nya, Selasa (2/6/2020). Hidayat mengatakan bahwa DAP kini di rawat di RS Dr. Pirngadi Medan.

Lebih lanjut Rahmad Hidayat Siregar menjelaskan dari data yang diterimanya, pasien mengalami gejala awal demam dan batuk. Kemudian pada tanggal 20 Mei 2020 yang bersangkutan berobat ke RS. Dr Pirngadi Medan dan dilakukan pemeriksaan Uji SWAB/PCR yang hasilnya keluar pada tanggal 28 Mei 2020 dan dinyatakan positif.

“Untuk meminimalisir penyebaran kasus, Tim Dinas Kesehatan telah melakukan Tracing dengan Rapid Test Covid-19 di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman terhadap 24 orang karyawan Bank BRI Unit Air Joman tempat pasien bekerja, Selasa (2/7/2020) dan penyemprotan desinfektan terhadap lingkungan Kantor juga telah kita kakukan dalam waktu yang sama", kata Hidayat.

Hidayat menjelaskan bahwa dari hasil Rapid test yang telah dilakukan terhadap 24 orang karyawan BRI cabang Air Joman (Binjai Serbangan) semaunya menunjukkan hasil Non Reaktif.

Hidayat juga mengatakan, untuk data Covid-19 di Asahan yang positif masih 5 orang, dengan pembagian 1 orang masih di rawat, tiga orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia. Sedangkan PDP yang sebelumnya sebanyak 5 orang, 4 orang dinyatakan tidak terpapar Covid-19, hanya tersisa satu orang yang kini menunggu hasil swab. Sementara ODP tersisa empat orang.

"Kita berharap yang bersangkutan cepat sembuh," jelas Hidayat.

Sementara itu Pihak BRI Kisaran menyampaikan bahwa biarpun hasil Uji Rapid Test Non Reaktif namun pihaknya tetap akan melakukan isolasi mandiri terhadap ke 24 orang karyawan BRI Cabang Air Joman (Binjai Serbangan) untuk mamastikan penyebarannya dapat dihindari.*