SERDANGBEDAGAI-Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai) diduga tebang pilih dalam penyerahan 5.813 kartu tani di 11 Kecamatan di Serdang Bedagai yang dilaksanakan pada hari Selasa (2/6/2020) di Aulah Dinas Pertanian Kab. Sergai, Kecamatan Sei Rampah.

Dalam penyerahan kartu petani tersebut turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA,PPL, Gapoktan,Poktan, Petani Penerima Kartu Tani, Pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi Maralun Sitompul, SE, dan para Penyuluh Pertanian.

Namun herannya, Kriteria petani yang mendapatkan kartu petani tidak merata, bahkan sebagian warga yang hampir mayoritas petani khususnya Desa Sei Rejo di Kecamatan Seirampah, Sergai tidak mengetahui adanya pembagian kartu petani tersebut. Padahal jarak kantor Dinas Pertanian dengan masyarakat sekitar hanya waktu kurang lebih 10 menit.

"Kita merasa heran dengan pembagian kartu petani semalam, padahal rumah kita tidak jauh dari kantor Dinas pertanian, tapi asli untuk program kayak gini kami tak pernah tahu,"kata Bramono SP selaku Ketua Umum Pemuda Peduli Serdang Bedagai (P2SB) kepada Gosumut, Rabu(3/6/2020) pagi.

"Program Kartu Tani yang saya lihat di rilis media center Serdang Bedagai, saya akui sangat baik bagi petani. Tetapi yang saya Pertanyakan kenapa sebelum program Diluncurkan tidak ada sosialisasi kepetani terlebih dahulu agar semua petani bisa ikut mengajukan berkas untuk memperoleh kartu tani tersebut"ujarnya.

Begitu juga kita sudah menanyakan kepada warga maupun orang tua kita yang hampir mayoritas petani tentang kartu tani, malah sebaliknya mereka tidak mengetahui soal kartu tani tersebut.

"Apa sih, Kriteria petani yang mendapatkan kartu tani itu dan seperti apa dan pendataannya kayak mana. Inilah yang bikin petani ngak pernah maju karena tidak ada tranparansi kebijakan pemerintah ke petani, "tegas Bramono.

"Padahal jelas, sebanyak 5.813 kartu yang dialok untuk 11 (sebelas) terutama di Kecamatan Sei rampah, Namun kenapa di Kecamatan Seirampah masyarakat tani sebagian tidak mengetahui ada pembagian kartu tani tersebut, "ujarnya.

Hasil yang diperoleh Gosumut, Kadis Pertanian Radianto Panjis dalam laporanya menerangkan bahwa Kartu Tani yang diserahkan pada tahap pertama ini berjumlah 5.813 kartu yang dialok untuk 11 (sebelas) Kecamatan yaitu Kecamatan Sei Rampah, Pegajahan, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Perbaungan, Tanjung Beringin, Bintang Bayu, Sei Bamban, Teluk Mengkudu, Dolok Masihul dan Pantai Cermin.

Selanjutnya untuk 6 Kecamatan lagi akan menyusul pada penyerahan kartu Tani tahap kedua"kata Kadis Pertanian Radianto Panjis saat memberikan kata sambutan di hadapan para petani yang mendapatkan kartu tani.

Menurut Radianto, Kartu Tani ini memiliki beragam manfaat antara lain dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, kemudahan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan mendapatkan bantuan sosial dan bantuan bersubsidi, serta dapat digunakan sebagai tabungan.