ASAHAN-H. MHD. Robert Saragih, SE, MM salah satu Bakal Calon Wakil Bupati Asahan menghimbau agar masyarakat memilih calon pemimpin yang mampu menjadikan Kabupaten Asahan lebih maju kedepan.

Hal tersebut diungkapkannya saat menggelar Halal Bihalal sekaligus silaturahmi dengan Pengurus dan Anggota PD Pujakesuma Kabupaten Asahan di kediamannya, Jalan T. Amir Hamzah, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Senin (1/6/2020).

Bakal Calon Wakil Bupati Kabupaten Asahan yang berpasangan dengan Ir. H. Panusunan Siregar, MSc ini juga menghimbau kepada keluarga besar PD Pujakesuma Kabupaten Asahan agar mencari dan memilih pemimpin yang pandai melompat dari satu tempat ke tempat yang lain untuk perubahan yang lebih baik lagi.

"Saya ingin Kabupaten Asahan dapat berubah menjadi lebih baik lagi, saya tidak mau Kabupaten yaang kita cintai ini hanya gini-gini saja. pembangunan di Desa dan Dusun juga harus diperkuat. Jangan sampai ada jalan yang berlubang atau sampai rusak parah," ujarnya.

Beberapa program yang disebutkannya seperti program pembangunan fisik, sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan, suku dan budaya serta program kerja lainnya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Asahan.

Robert yang merupakan Ketua Dewan Pembina PD Pujakesuma Kabupaten Asahan itu juga berharap agar masyarakat lebih tau dan memahami calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan memimpin Kabupaten Asahan kedepan.

"Saya harap masyarakat bisa memilih dan mengetahui dengan jelas sosok calon pemimpin di Asahan ini, agar Asahan menjadi Kabupaten Asahan yang Beriman, Sehat Mandiri dan Sejahtera. Dengan itu saya berharap kepada PD Pujakesuma Kabupaten Asahan dapat senantiasa membantu dalam pemenangan pasangan Panusunan-Robert (Panser's) di pesta Demokrasi yang Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang dan Insya Allah juga saya akan memegang janji saya kepada Masyarakat," harapnya.

Robert yang cinta dengan Seni dan Budaya itu juga bertekad akan membesarkan PD Pujakesuma Kabupaten Asahan hingga ke pelosok Desa se-Kabupaten Asahan.

"Tidak ada orang lain yang membesarkan Pujakesuma terkecuali Pujakesuma nya itu sendiri. Saya selaku Ketua Dewan Pembina siap melakukan yang terbaik untuk PD Pujakesuma Kabupaten Asahan," tutur Robert dan disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Mantan pemeran pentas kesenian Ludruk ini merasa berterima kasih kepada PD Pujakesuma Kabupaten Asahan dan PW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara yang telah mempercayainya sebagai Ketua Dewan Pembina PD Kabupaten Asahan.

"Saya bermarga Saragih, namun saya lahir dari seorang ibu yang merupakan orang Jawa dan istri saya juga orang Jawa. Alhamdulillah saya dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina PD Pujakesuma Kabupaten Asahan," ucap mantan Anggota DPRD Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur ini.

Dikesempatan itu Robert yang sempat berprestasi di Perusahaan Perkebunan PTPN13 dengan posisi jabatan terakhir sebagai General Manager itu juga mengajak seluruh pengurus dan anggota PD Pujakesuma Kabupaten Asahan agar dapat bersatu dalam membesarkan Pujakesuma di Kabupaten Asahan dan mau bersama-sama membangun Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten yang Beriman, Mandiri dan Hebat.

"Di Kalimantan Timur saya sejak tahun 1986 hingga sekarang pensiun di PTPN13 setelah mengabdi selama 37 tahun dengan jabatan terahir General Manager, kemudian saya juga sempat menjabat sebagai Anggota DPRD selama tiga periode sejak tahun 2004 hingga 2019. Kini saya kembali di Asahan bertekad menjadikan Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten yang Beriman, Sehat Mandiri dan Sejahtera," kata Robert.

Kemudian di tempat yang sama, Ki Sampir Siswo selaku Sesepuh masyarakat Jawa Kabupaten Asahan menjelaskan bahwa Pujakesuma bukan hanya ada di Kabupaten Asahan saja, namun sudah menyebar di seluruh Indonesia yang dibina oleh Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, SIP dan dipimpin oleh Joko Susilo sebagai Presiden Pujakesuma.

"Di Kabupaten Asahan ini warga Suku Jawa terbanyak, maka dari itu mari kita pahami Jawa dan kita sosialisasikan Pujakesuma hingga ke Pelosok Desa yang ada di Kabupaten Asahan ini dan saya yakin dengan adanya Bapak Robert Pujakesuma akan jaya di Kabupaten Asahan. Bapak Robert ini merupakan keluarga besar Suku Jawa walaupun beliau bemarga Saragih, namun beliau juga keturunan orang Jawa," sebutnya.

Ki Sampir mengatakan bahwa Pujakesuma ini harus dimiliki oleh seluruh orang Suku Jawa di Kabupaten Asahan. Dari Pujakesuma bisa membangun seni, budaya, ekonomi dan segalanya yang terbaik di Kabupaten Asahan.

"Kita berharap bagaimana orang Jawa ini saling menyayangi dan jangan saling membenci apalagi saling melukai. Dengan adanya Ketua Dewan Pembina kita yaitu Bapak Robert kita yakin bahwa Pujakesuma akan besar, masyarakat Suku Jawa akan makmur dan Kabupaten Asahan akan hebat dari Visi Misi Panser's yaitu Beriman, Sehat Mandiri dan Sejahtera," tutupnya.*