SAMOSIR-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir dan jajaran anggota bersama Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tabur benih ikan di Danau Sodihoni, Kecamatan Ronggurnihuta, Sabtu (30/5/2020).

Sebanyak 40 ribu benih ikan nila itu, juga di tabur di berbagai tempat, seperti di Pea Porohan, Desa Salaon Toba, Pea Aek Tawar di Ronggurnihuta, Pea Silengge di Huta Tinggi, Pea Tala di Ginolat, Kecamatan Sianjur Mula-mula, dan Pea Siboro di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mula-mula. Masing-masing pea/danau di tabur 5.000 bibit, sementara di Pea Roba, Sihusapi, Kecamatan Simanindo di tabur sebanyak 10 ribu benih.

Pada penaburan, turut hadir, Wakil Ketua dan beberapa anggota DPRD Samosir, Asisten II, Saul Situmorang, Kadis Pertanian, Victor Sitinjak, Kadis Naker Koprindag, Vikbon Simbolon, Kadis Ketapang, Rawati Simbolon, Kadis PPAMD, Amon Sormin, Kadis Kominfo, Rohani Bakkara, Kadis Pera-KPP Hut Isasar Simbolon, Kepala Bapeda, Rudi M Siahaan, Kabag Protokol, Camat dan Kepala Desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir menyambut baik acara resctoking benih ikan dikarenakan kegiatan itu sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. "Nantinya masyarakatlah yang dapat menerima manfaatnya," ujar Bupati.

Tidak lupa, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Samosir atas kerjasama dengan Pemerintah melalui Dinas Pertanian yang telah mengajukan permohonan dalam bentuk proposal kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, dalam hal ini Puspik Ambarita hingga penaburan benih ikan sebanyak 40 ribu di berbagai perairan umum daratan (Pea) yang ada di Samosir dapat terealisasi.

"Kita berharap agar masyarakat dapat menjaga kelestarian benih ikan ini. Dan Dinas Pertanian, agar dapat melaksanakan kegiatan itu terus menerus di seluruh pea-pea yang ada di Samosir," himbau Rapidin.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Victor Sitinjak menyampaikan, resctoking atau penaburan bibit ikan, dapat terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Samosir dengan DPRD Samosir dengan tujuan menyediakan stok ikan untuk komsumsi masyarakat, meningkatkan stok sumber daya perikanan di perairan umum daratan (pea-pea) serta meningkatkan produksi perikanan tangkap.*