LHOKSEUMAWE-Setidaknya kegiatan mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) selama melakukan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) selama bulan suci ramadhan 1441 H di Desa Blang Gampong Meugit Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, melakukan sosial berbuka puasa dengan masyarakat menggunakan menu bubur kanji.

Praktis setiap hari selama bulan suci ramadhan 1441 H kegiatan yang dilakukan lebih banyak diarahkan membangun kebersamaan dengan masyarakat yang sifatnya interaksi sosial, caranya setiap menjelang berbuka puasa para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 62 tersebut membuat bubur kanji dan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat setempat secara gratis.

“Soalnya menu buka puasa dengan menggunakan bubur kanji menjadi menu favorit masyarakat Aceh, tidak akan dijumpai dihari lain masak bubur kanji (woet ie bu) selain bulan puasa, oleh karena itu setiap hari masyarakat memasak bubur tersebut di meunasah (mushola) dan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat secara gratis,” ungkap Nurul Fitri koordinator mahasiswa KKN – BK kelompok 62, Sabtu (9/5/2020).

Kegiatan pembuatan bubur kanji tersebut dimulai ba’da shalat zuhur hingga ba’da shalat Ashar hingga pukul 18.00 WIB kegiatan sudah tutup, selanjutnya masyarakat pulang kerumah masing-masing sambil menunggu berbuka puasa.

Sebagian warga masyarakat, tutur Nurul Fitri ada yang berbuka puasa bersama di meunasah, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, apalagi saat ini lagi musim wabah Covid -19. “Protokol kesehatan tetap harus dijaga kendati melakukan buka puasa bersama dengan tetap menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya, serta tetap menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan, dan selalu mencuci tangan,” tuturnya.

Mahasiswa KKN-BK Unimal sangat antusias dalam membantu masyarakat untuk masak ie bu kanji. Agenda ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian di kampung sendiri. "Kegiatan khas di kampung ini selama Ramadhan adalah "tradisi woet ibu", jadi, selama KKN – BK kita membantu masyarakat untuk masak ie bu kanji.", ujarnya, didampingi mahasiswa KKN-BK lainnya seperti Nurmaya Sari, Intan Zuratina dan Meutia dibawah bimbingan Dr Ir Halim Akbar,Msi.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga Kampung Meugit Dusun Blang. "Dengan adanya kehadiran mahasiswa KKN-BK ini dapat meringankan tugas panitia masak bubur kanji. Saya berharap semoga ada lagi program KKN seperti ini di masa mendatang," kata salah seorang warga setempat Azhari.