TOBA-Dalam upaya memutus mata rantai penularan dan penyebaran Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Polres Tobasa Selasa (28/4/2020) mulai gelara Operas Ketupat Toba tahun 2020.

Ops Ketupat Toba 2020 mulai dilaksanakan Jumat, 24 April s/d 31 Mei 2020. dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 mengutamakan pelaksanaan Operasi Kemanusian dalam upaya memutus mata rantai penularan pandemi Covid-19 secara khusus di wilayah Kabupaten Toba.

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo S.I.K melalui Kasubbag Humas Ipda.Khairudin saat keoada www.gosumut.com menjelaskan atas perintah Kapolres jajaran Polres Tobasa telah mendirikan 2 Pos Cek Point.

Lokasi posko cek Point ditempatkan yakni Cek Point 1 di perbatasan Kabupaten Toba dengan Kabupaten Simalungun tepat nya di Wilayah Hukum Polsek Lumban Julu dan cek Point 2 di perbatasan Kabupaten Toba dengan Kabupaten Tapanuli Utara (TAPUT) tepat nya di Jalan Negara Jalinsum desa Hinalang Kecamatan Balige.

"Untuk para petugas di satiap pos cek point adalah para petugas yang ditugaskan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Sat pol PP, BPBD dan TNI/POLRI," unkapnya.

Lanjut Kasubbag, Penempatan penugasan ini juga atas perintah Kapolres Tobasa melalui Kasat Lantas AKP Viktor P. Siagian dimana seluruh petugas yang harus bertugas disetiap pos chek point itu dilaksanakan sesuai denga perintah dari Dit Lantas Polri dengan mene,patkan personil dari Dinas kesehatan , Dinas Perhubungan , Sat pol PP , BPBD dan TNI POLR.

Para petugas yang diperintahkan bertugas di setiap pos chek Point untuk menjalankan tugas utamanya yakni Melakukan penyekatan bagi masyarakat yg akan mudik dari luar Daerah masuk ke dalam wilayah Tobasa agar di suruh putar balik arah.

"Untuk kenderaan yang membawa / distribusi sembako dan BBM tidak dilakukan penyekatan di perintah kan untuk dilakukan pengawalan apabila dibutuhkan," imbuhnya.

Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo, SIK dalam himbauan dan harapannya kepada Waratawan menyampaikan, kepada berbagai lapisan elemen masyarakat umum seluruhnya di berbagai wilayah Daerah secara khusus kepada masyarakat Tobasa untuk supaya menunda mudik ke kampung halaman.

Lanjut Kapolres, Polres Tobasa juga berharap kepada warga masyarakat yang tinggal di kampung halaman (Bonapasogit/Kabupaten Toba) supaya menghimbau dan menyampaikan nya kepada seluruh keluarga yang diluar Kabupaten Toba atau diperantauan untuk supaya tidak mudik ke Bonapasogit atau ke Kabupaten Toba.

Dengan menuruti himbauan dan larangan ini tentunya telah mendukung upaya pemerintah dalam upaya pelaksanaan percepatan penaganan serta memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda negara kita saat ini.

"Tentunya upaya ini semua bisa kita lakukan secara bersama sama dengan atas kesadaran dan kerja sama kita seluruhnya yang bertujuan untuk Kesehatan dan keselamatan diri kita sendir bersama dengan Keluarga dan sanak saudara kita dikampung. Saya selaku Kapolres Tobasa sekali lagi menegaskan dan mengajak seluruh masyarakat dimanapun berada mohon untuk menunda mudiknya di tahun ini karena Bencana Nasional Non Alam wabah Pandemi Covid-19 mengancam keselamatan kita bersama," tegas Kapolres dalam Himbauannya.