LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe memotivasi pemuda yang tergabung dalam ikatan kelompok tani di Dusun 4, Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (29/4/2020).
Di hadapan pemuda yang tergabung dalam ikatan kelompok tani Desa Sidorukun, H.Andi Suhaimi mengatakan, berbicara tentang generasi muda tentu tidak ada habisnya, apalagi menyangkut masa depan dan pergaulan, tentunya peran serta pemerintah dengan memberikan motivasi yang nyata sangatlah diperlukan tidak bisa hanya dengan kata kata.

"Hari ini saya bersama pengurus kepemudaan dalam hal ini Karang Taruna, Kabid Kepemudaan dan Dinas Perikanan ingin memberikan motivasi kepada para pemuda melalui budidaya ikan lele, yang mana dari sini nanti sangat kita harapkan selain dapat membantu dan mendongkrak perekonomian keluarga juga mampu memberikan kesibukan tersendiri bagi para pemuda sehingga tidak adalagi pemuda yang berfikiran neko neko," ujar Bupati.

"Saya yakin jika pemuda sibuk dengan kegiatan positif maka tidak adalagi berfikir keluar jalur seperti narkoba, miras dan lain-lainnya, karena sudah memikirkan kewajiban dari kesibukannya. Apalagi jika sudah tau hasil dari beternak ikan lele ini," ucap Andi.

Andi Suhaimi juga berharap, benih yang diberikan ini dapat berkembang kedepanya, sehingga tidak lagi memerlukan modal besar lagi untuk membeli bibitnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, menyebutkan, ada 90.000 bibit lele yang telah diberikan kepada 45 kelompok tani se-kabupaten labuhanbatu, yang mana setiap kelompoknya memiliki dua kolam.

"Kegiatan ini kita berikan atas kerjasama kita sebagai pengurus kepemudaan dengan pemerintah untuk memberikan motivasi kepada para pemuda seperti yang di harapkan bupati. Kami juga berharap bibit yang di berikan ini dapat dirawat dengan baik sehingga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan hasilnya," ungkapnya.

Selain Bibit, Ucap Aswin, pihaknya juga memberikan pakan dan vitamin lele cukup sampai panen secara gratis, semua kita fasilitasi termasuk tenda kolamnya dan juga pemasarannya jika panen nanti.

Kepala Bidang Kepemudaan Disporbudpar labuhanbatu Awaludin menjelaskan, dinas yang dipimpinnya siap memfasilitasi dan membantu para pemuda.

"Selain ikan lele kita juga menyediakan 4 ekor kambing untuk tiap kelompok. Ajukan profosal nya, kita akan segera proses," tegas Awaludin.