LANGKAT-Keluarga Hasan Basri SH warga dusun Empus desa Empus kecamatan Bahorok secara rutin membagikan paket sembako kepada keluarga yang kurang mampu.

Informasi dihimpun menyebutkan sosok Hasan Basri kerap membantu masyarakat. Terutama memberi pencerahan pola pikir, tentang peraturan, kebijakan pemerintah/hukum.

Meski bukan berprofesi sebagai pencerdas generasi namun setidaknya masyarakat lebih memahami. Tidak jarang warga berkunjung ke kediamannya untuk bertanya beberapa hal tentang pelayanan publik.

Meski bukan penentu kebijakan tetapi setidaknya pengetahuan warga bertambah seiring peningkatan Sumbet Daya Manusia (SDM) ujar warga sekitar kediamannya setengah berbisik.

Setiap awal bulan suci ramadhan memberi bantuan kepada warga kurang mampu. Untuk persiapan berbuka dan sahur, terutama situasi saat ini. Aktifitas warga terbatas akibat penyebaran covid-19 virus corona kata warga lain.

Berkaitan itu, Hasan Basri saat ditemui disela-sela kegiatan aksi sosialnya. Jumat, (24/4/2020) di kediamannya, awalnya hanya tersenyum. Menurutnya tidak bernuansa politis dan murni niat membantu bersama keluarga.

Disinggung tentang sebaran bantuan dijelaskannya 120 paket terdiri dari beras, minyak goreng dan mie instan kita bagikan di lima dusun desa Empus.

Hasan Basri yang juga mantan legislator DPRD Langkat (2009-2014) dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan tidak begitu special yang mampu kita bagikan ke masyarakat namun kiranya bisa bermanfaat bagi penerima.

Menjawab Gosumutcom, Hasan Basri disapa Kicun didampingi Zainab ibu dari anak-anaknya mengaku rejeki yang disisihkan belum memadai sehingga masih fokus diseputaran desa.

Sebelum dan setelah menjadi anggota DPRD Langkat, kita telah berniaga menggeluti usaha grosir keperluan rumah tangga ujar pria jebolan Universitas Padjajaran (Unpad) jurusan Fakultas Hukum itu.

"Kita membagi jadwal waktu yang berbeda dengan kupon sehingga penerima tidak datang secara bersamaan. Hal demikian dilakukan untuk menghindari kerumunan dan keramaian warga," ujarnya.

Sementara beberapa penerima yang ditemui mengaku merasa bersyukur mendapat biingkisan. Sangat terbantu, terutama situasi saat ini, segalanya serba terbatas urai penerima tak kuasa kelopak matanya basah. Kami berdoa kiranya keluarga Hasan Basri senantiasa sehat dan mendapat rejeki dari Yang Maha Kuasa ujar emak dari dusun Batu Gajah sembari haturkan terima kasih. Terpisah kepala desa Empus, Ramli saat dimintai tanggapannya seputar aksi sosial warganya mengaku salut dan mengapresiasi. Benar, kegiatan dimaksud rutin setiap tahun tanpa memilah warga penerima. Pemerintah desa senantiasa mendukung hal itu dan berharap warga lain yang telah mapan secara ekonomi agar membuka pintu sosial untuk saling berbagi.

Diakhir perbincangan kades juga menuturkan sebelumnya Faisal Amri salah seorang pengusaha sukses didesa itu juga telah menyalurkan 30 paket sembako kepada warga yang kurang mampu.