MEDAN-Sebanyak 3 (Tiga) Warung Nasi di Medan, memberikan pelayanan makan gratis selama 3 hari, layanan ini disediakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) guna membantu masyarakat menghadapi pandemi virus corona. ACT Sumut menyebarkan 3 titik lokasi layanan strategis di sekitar kawasan kota Medan untuk memberikan layanan makan gratis di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang menyulitkan sejumlah pekerja kecil dan harian.

Program ini merupakan turunan dari program ACT Pusat dengan mengusung panji-panji 'Operasi Makan Gratis Bersama 1.000 Warteg' ini diluncurkan ACT pada Selasa, 24 Maret 2020 lalu di salah satu posko mereka di kawasan Tangerang Selatan.

"Untuk di Medan sendiri saat ini, telah ada 3 titik warung nasi di sekitar Medan yang telah bersedia bekerjasama dengan ACT, diharapkan beberapa warung nasi lainnya dapat mendukung program kami ini," ucap Ilham Moehammad selaku Markom ACT Sumut.

Sakti Wibowo selaku Staf Program ACT Sumut, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari inshaallah sedikitnya dapat meringankan masyarakat yang terdampak wabah Covid19, yang selama ini dirumahkan saja atau minimnya pendapat harian semenjak diberikan pembatasan aktifitas warga baik itu untuk pemilik warung nasi, driver online, buruh pabrik, dan profesi serta aktifitas masyarakat lainnya.

"Alhamdulillah, saat ini ada tiga warung yang berkomitmen dengan ACT Sumut untuk merealisasikan program kemausiaan ini, diharapkan kedepannya banyak warung nasi lainnya yang tergerak dan berpartisipasi. Untuk masyarakat sendiri, yang ingin menikmati layanan makan gratis dari ACT, cukup dengan menunjukkan KTP nya saja, nantinya disetiap warung ACT akan menempatkan beberapa relawannya di warung-warung yang telah ditunjuk, jelas Sakti. Dia juga menambahkan, untuk masyarakat yang berprofesi sebagai Tukang Becak, Ojek Online, Buruh Harian, Petugas Kebersihan Jalan, dan masyarakat kurang mampu lainnya, yang ingin mendapatkan layanan makan gratis dari ACT dapat mengunjungi warung-warung ini; Warung Zulaikha Ayam Endess di Jalan Darussalam, Warung Ibu Marwah Lubis di Jalan Letda Sujono, dan Rumah Makan Kenangan di Jalan Sisisngamangaraja No.359 A Simpang Limun Medan. Program ini hanya berlaku selama 3 hari dari tanggal 21 s/d 23 April 2020, dibuka mulai pukul 11 siang, dan hanya untuk 75 porsi, tambah Sakti.

Kepala Cabang ACT Sumut, Fadhli Septavianra menambahkan “Operasi warung gratis ini bertujuan meng inject vaksin ditengah wabah yang melanda di negeri ini. Vaksin ini adalah vaksin solidaritas. Kita butuh solidaritas tinggi di tengah wabah ini. Operasi warung gratis ini salah satu bentuknya. Ini rangkaian dari 1000 warung makan gratis yang telah di inisiasi oleh ACT di seluruh Indonesia.” Kita berharap agar aksi ini memancing kebaikan lainya, agar warung warung gratis lainya ini juga bisa tetap berjalan sampai wabah ini selesai.”jelasnya.