MEDAN-Pemerintah Indonesia diminta berani mengambil sikap untuk melakukan lockdown total demi mencegah dampak dari pandemi wabah corona berkepanjangan di negeri ini. Sejalan dengan itu, pemerintah bersama dengan tokoh masyarakat dan ulama harus bekerja sama menggerakkan orang-orang mampu secara ekonomi agar membantu masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi yang terkena dampak lockdown tersebut.

"Pengusaha-pengusaha itu harus didorong supaya membantu orang yang tidak mampu secara ekonomi. Pemerintah harus merangkul mereka dengan melibatkan ulama dan tokoh masyarakat," kata owner Wong Solo, Puspo Wardoyo dalam telekonferensi dengan wartawan di Medan, Sabtu (11/4/2020).

Dikatakan Puspo, Indonesia sangat mampu lockdown karena banyak orang mampu secara ekonomi di Indonesia yang jika masing-masing membantu orang yang tidak mampu secara ekonomi sudah tidak ada lagi masalah. Karenanya, sambung Puspo, pemerintah harus "menekan" pengusaha agar ikut menangani masalah kemanusiaan ini.

"Jika Indonesia lockdown, kami sendiri siap menyiapkan 100-300 orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi,nasi untuk setiap outlet per harinya dengan cara memberi makan dan lain-lain," kata Puspo.

Kepada pengusaha, Puspo mengingatkan untuk tidak takut tumpur atau miskin. Menurut Puspo, rezeki itu harus disertai dengan sedekah "Selama ini, pengusaha telah menikmati ekonomi, sekarang waktunya mereka membantu orang yang kurang mampu ekonominya agar sama sama kita selamat dan bisa melewati ancaman pandemi Corona, " imbuhnya.