SAMOSIR-Guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran pandemi Corona virus disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Samosir siapkan kamar hotel sebagai ruang isolasi mandiri pengunjung yang datang dari zona merah.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kamis (9/4/2020) meninjau langsung kesiapan ruang isolasi mandiri, yakni 10 kamar di Hotel Maduma dan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Naker Koperindag yang dapat menampung 60 orang.

"Pemerintah Kabupaten Samosir tetap melakukan antisipasi dengan menyiapkan ruang isolasi mandiri jika diperlukan. Penyiapan ruang isolasi ini untuk mencegah transmisi lokal dari mereka yang datang dari zona merah. Jadi mereka yang datang dari zona merah akan diisolasi pada kamar yang telah disiapkan ini untuk batas yang ditentukan," kata Rapidin.

Selain menyiapkan ruang isolasi bagi pengunjung yang datang dari zona merah, Bupati juga menghimbau agar warga perantau menahan diri untuk tidak pulang ke Bona Pasogit Samosir ditengah krisis pandemi Corona ini.

"Mari kita sampaikan kepada saudara/i kita yang ada di perantauan, agar tidak mudik ke Samosir sementara waktu ini dalam perayaan Paskah bersama keluarga untuk mencegah wabah Covid-19 masuk ke daerah kita ini. Doa kami mereka tetap sehat di perantauan dan kiranya Tuhan memberi waktu yang indah bersama saudara/i kita untuk merayakan hari besar agama dan acara adat pada waktu yang akan datang. Terima kasih. Tuhan memberkati kita. Bersama kita bisa," ucap Rapidin Simbolon.

Sementara itu, juru bicara gugus tugas Covid-19 Kabupaten Samosir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rohani Bakkara mengatakan, walau Pemerintah Kabupaten Samosir telah menyiapkan ruang isolasi, gugus tugas akan terus berupaya melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk ke Samosir.

"Akan kita lakukan penjagaan melalui langkah tracing dan tracking bagi orang-orang yang masuk ke wilayah Samosir, agar dapat diantisipasi rekaman medis mereka dan tidak menyebar," ujarnya.

Ia pun berharap, Samosir terbebas dari wabah Covid-19 dalam kurun waktu inkubasi yang telah ditetapkan, sehingga semua warga dapat berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas seperti sediakala.

“Pemerintah serius, siap dan mampu menangani Covid-19. Masyarakat tetap tenang dan waspada. Covid-19 bisa sembuh," pungkas Rohani.