SIMALUNGUN-Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sidamanik yakni Camat, Kapolsek, Danramil menghimbau kepada para pedagang (pemilik usaha) agar menyediakan tempat mencuci tangan bagi para pengunjung/pembeli guna menghindari penyebaran Covid- 19 yang saat ini sedang mewabah.

Hal tersebut disampaikan Forkompimcam Sidamanik kepada para pedagang disepanjang jalan protokol sarimantondang, Kecamatan Sidamanik, Rabu (8/4) sekira jam 10.00 WIB.

Camat Sidamanik Juliana Simarmata kepada media ini mengatakan himbaun penyedian cuci tangan bagi para pedagang/pemilik usaha bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (covid- 19) yang saat ini sedang mewabah.

Tempat usaha biasanya paling sering dikunjungi dan pengunjungnya umumnya juga dari berbagai daerah, untuk itu kita himbau bagi pelaku usaha menyediakan tempat mencuci tangan ditempat usahanya masing-masing, supaya bagi pengunjung/pembeli terlebih dahulu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, "tandas Camat.

Kepada para Pangulu juga sudah kita sampaikan agar himbauan tersebut ditindak lanjuti diwilayah Nagorinya masing-masing, seperti warung-warung yang ada di Nagori juga disediakan tempat mencuci tangan, serta segera melaporkan kepihak Puskesmas bila ada warga yang datang dari luar daerah khususnya dari daerah yang sudah terpapar covid- 19.

"Bagi masyarakat juga kita harapkan bila bepergian keluar daerah agar menggunakan masker. Himbauan Pemerintah itu sebaiknya ditanggapi oleh masyarakat seperti menjaga jarak, dan tidak bepergian keluar daerah guna memutus mata rantai penyebaran covid- 19, "ujar Camat.

Senada Danramil 17/SDM Kapt.Inf M Saragih mengatakan kepada masyarakat juga menhindari keramaian, dan kepada para pemilik lapo tuak juga kita himbau agar membatasi waktu agar tidak terlalu lama berkumpul. Pencegahan covid- 19 bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tetapi tanggung jawab, untuk itu himbauan Pemerintah agar ditindak lanjuti diwilayah masing-masing, "ucap Danramil.