DELISERDANG-Sebanyak 134 orang TKI dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang Kamis 09/04/2020 pagi sekitar pukul 08.30 wib ,mereka Dideportasi Pemerintah Malaysia karena ijin tinggal di Malaysia bermasalah dan juga terkait dampak Virus Corona Covid-19.

Rombongan TKI ini diberangkatkan dari pihak pemerintah Malaysia dengan menumpang pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH -860 dengan rincian 94 orang pria dan 40 orang wanita.

Saat tiba di Apron Bandara Para TKI ini langsung diarahkan oleh petugas khusus yang sudah di bentuk untuk penanganan mereka dengan pengawalan pihak kepolisian dan pengamanan Avsec Bandara Kualanamu.

Belum ada informasi akan dibawa kemana rombongan TKI ini akan di Karantina sementara ,pihak penjemputan Tim khusus sudah menyiapkan Bus yang akan membawa rombongan TKI ini untuk dikarantina sementara.

PLT Manager Branch Communication legal PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang Paulina Simbolon saat dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan ,namun pihaknya belum dapat informasi kemana rombongan TKI ini akan di bawa oleh petugas penjemputan.

Terkait dengan adanya kepulangan (deportasi) TKI dari Malaysia pada tanggal 9 - 10 Maret 2020 besok ,kami selaku pihak pengelola bandara Kualanamu terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada Otoritas Wilayah II Medan , Imigrasi, Bea Cukai, TNI, Polri, KKP dan pemerintah daerah dalam penangan para TKI yang datang tersebut melalui bandara KNIA, menuju tempat yang telah disediakan oleh pemerintah daerah untuk keluar dari bandara KNIA.

"Sebelum dibawa tentunya para TKI akan di lakukan pengecekan kesehatan sesuai ketentuan standart prosedur Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melakukan pencegahan penyebaran virus COVID-19 sebagai pintu masuk melalui pelabuhan udara," pungkas Paulina.

Informasi dihimpun bahwa dari TKI yang tiba di bandara Kualanamu untuk gelombang pertama ini berasal dari Deliserdang dan Medan tampak tim satuan tugas COVID 19 SUMUT terdiri dari pemprovsu dan kabupaten deliserdang sudah stanbay sejak pagi tadi.

Sementara itu , untuk gelombang ke dua rombongan TKI asal Sumut dijadwalkan tiba di Bandara Kualanamu pada pukul 15.00 wib sore nanti.