TOBA-Guna untuk menekan penyebaran dan Penularan serta memutus mata Rantai Penularan Pandemi Global Corona Vorus Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Toba.

Bertepatan hari Onan (Pekan) Bupati Toba Ir.Darwin Siagian bersama Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 dan tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toba lakukan monitoring dan pengukuran suhu tubuh masyarakat di pasar Porsea Rabu, (8/4/2020).

Perusahaan penghasil Pulp (bubur kertas) PT. TPL,Tbk yang berdiri dan beroperasi di Sosorladang Kecamatan Parmaksian ini kembali menunjukkan kepduliannya dan sumbangsihnya dengan memberikan bantuan tambahan 5 unit Thermo Gun (Alat Pengukur Suhu Tubuh), dimana sebelumnya diketahui PT.TPL,Tbk melalui perwakilan manejemen Perusahaan telah menyerahkan bantuan 35 unit Thermo Gun (alat pengukur suhu tubuh).

Bantuan tambahan 5 unit Thermo Gun kali ini diserahkan langsung oleh Onggung Tambunan yang penyerahannya dilaksanakan di halanman kantor Camat Porsea dengan diterima langsung oleh Bupati Toba Ir.Darwin Siagian yanh didampingi oleh Asisten III ( Administrasi Umum) dan Camat Porsea Robert Manurung,SH.

Usai menerima bantuan dari PT.TPL,Tbk dan PT.Jasa Tirta, Bupati dan tim bergerak menuju pasar porsea diseputaran terminal Porsea. masyarakat yang di cek atau di ukur suhu tubuhnya dengan mengunakan Thermo Gun untuk mengetahui paparan (Suspect) Covid-19 adalah para warga masyarakat yang akan dan sedang melakuakn aktivitas di Pasar Porsea untuk dicek suhu tubuhnya oleh tim medis yang bertugas untuk memastikan bahwa suhu badan mereka teyap normal dan tidak terpapar atau Suspect Covid-19.usai pengecekan, masyarakat dianjurkan malakukan cuci tangan di tandon air cuci tangan yang sudah disediakan.

Bupati Toba dalam himbauannya tetap meyampaikan dengan tegas, supaya seluruh masyarakat mematuhi akan berbagai peraturan dan aturan yang telah ditetapkan guna untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat Kabupaten Toba.

Lanjut Bupati dalam himbauannya, kepada seluruh lapisan masyarakat dihimbau supaya tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah dengan melaksanakan pola hidup yang sehat, menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan bersih, tetap berolahraga dan menggunakan masker apabila melakukan aktivitas di tempat-tempat keramaian.

"Saat ini Pemerintah sedang berjuang dan tetap berupaya melukakan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, untuk itu, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak cukup hanya upaya dari pemerintah tanpa dosukung oleh masyarakat luas dengan mematuhi berbagai aturan dan peraturan yang telah ditetapkan demi menjaga kemaanan dan keselamatam bersama dari Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Untuk itu dimohonkan kerjasama dari seluruh pihak dan berbagai elemen masyarakat untuk bersama sama menjaga dan menerapkan aturan yang sudah diberlakukan demi untuk memutus mata rantai penyebaran atau penularan Covid-19," harap Darwin dalam himbauan dan arahannya.

Sebelum pelaksanaan pengukuran suhu tubuh masyarakat di pasar Porsea dengan mengunakan Thermo Gun (pengukur suhu tubuh) Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan dari PT. Jasa Tirta yang diwakili oleh bapak Wartian dengan memberikan 2 unit tandon air cuci tangan dan 4 buah Thermogun.