SAMOSIR-Ditengah pandemi Corona virus disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Samosir distribusikan bantuan sosial makanan tambahan gizi untuk penguatan daya tahan tubuh bagi masyarakat kurang mampu. Penyaluran bantuan makanan ke masyarakat dikoordinir langsung oleh Ketua gugus kendali Covid-19, Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

"Puji syukur, setelah bekerja marathon dua hari ini mempacking bantuan makanan dan multivitamin untuk saudara kita kurang mampu, tim gugus kendali Covid-19 Kabupaten Samosir, akhirnya mendistribusikan bantuan itu dengan melibatkan seluruh OPD, Camat dan aparat desa," tulis Rapidin Simbolon melalui pesan whatsaap kepada GoSumut, Jumat (3/4/2020) malam.

Diuraikan, jumlah bantuan yang didistribusikan ke setiap Kecamatan, yakni untuk Kecamatan Nainggolan (15 desa) sebanyak 630 paket, Kecamatan Onanrunggu (12 desa) sebanyak 450 paket, Kecamatan Palipi (17 desa) sebanyak 965 paket, Kecamatan Pangururan (28 desa) sebanyak 1.137 paket.

Selanjutnya, Kecamatan Ronggurnihuta (8 desa ) sebanyak 383 paket, Kecamatan Sianjur Mula-mula (12 desa) sebanyak 513 paket, Kecamatan Simanindo (21 desa) sebanyak 799 paket, Kecamatan Sitio-tio (8 desa) sebanyak 502 paket, dan Kecamatan Harian (13 desa) sebanyak 621 paket.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan kita berdoa virus Corona ini cepat berlalu. Kami cinta Samosir, Horas," ucap Rapidin.

Dihubungi GoSumut, Sabtu (4/4/2020), Kepala Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan, Gunawan Sinurat menyampaikan, paket bantuan berupa 1 krat telur berisi 30 butir, 1 Kg gula, dan setengah papan vitamin C untuk 48 Kepala Keluarga (KK) di desanya sudah tersalur dengan baik.

"Kita terima 48 paket untuk 48 KK. 31 paket di dusun I dan 17 paket di dusun II. Semua sudah terdistribusi dengan baik," ujar Gunawan.

Ditanya kebijakan desa mengatasi kebutuhan makanan masyarakat ditengah bencana non-alam pagebluk Covid-19, Gunawan menyebut, sejauh ini belum ada kebijakan untuk itu dari sisi anggaran desa.

"Belum bisa kita pastikan. Tingkat desa masih sebatas pencegahan dengan penyemprotan disinfektan. Tapi tidak tertutup kemungkinan, kedepan akan melakukan hal semacam itu (pemberian bantuan makanan) kepada masyarakat. Dana desa masih dalam tahap proses. Mungkin minggu ini baru masuk," paparnya.