ASAHAN-Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ke Kabupaten Asahan, Ketua Gugus Tugas Covid 19 Diwakili Sekdakab Asahan Taufik Zaina Abidin ,S.Sos, MSi bersama Polres Asahan lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 17 orang pelancong yang baru kembali dari Malaysia, Senin (30/3/2020) dini hari.

Kegiatan itu diikuti oleh Sekdakab Asahan, Kasat Intel Polres Asahan, Kadis Kominfo Asahan, Plt. Kepala BPBD Asahan, Plt. Kasat Pol PP Asahan, Kapala Dinas Perhubungan Asahan, Dirut RSUD HAMS Kisaran dan Disnaker Asahan.

Bupati Asahan H. Surya BSc melalui Sekdakab Asahan Taufik Zaina Abidin ,S.Sos, MSi menjelaskan bahwa masing-masing 10 orang warga Asahan, 5 orang warga Tanjung Balai dan 2 Orang warga Labuhan Batu.

“Tujuh Belas orang pelancong yang baru tiba di Terminal Madya Kisaran, Senin (30/3/2020) dini hari dengan menaiki mobil bus langsung kita netralisir dengan penyemprotan menggunakan Desinfektan, pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan riwayat penyakit untuk mencegah indikasi penyebaran corona karena baru kembali dari luar negeri," jelas Sekda.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, bahkan masyarakat yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) mayoritas dalam kondisi sehat. Namun, menurutnya, penyemprotan desinfektan yang disertai dengan pemeriksaan suhu tubuh kepada 17 orang pelancong tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang saat ini cukup membahayakan umat manusia.

“Memang hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, namun kita harus tetap waspada dengan lakukan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan masyarakat tertular virus corona," tutur Taufik Zainal.

“Kepada Tujuh Belas Pelancong yang tiba hari ini akan difasilitasi mulai dari pengawalan, penjemputan sampai mengantar kerumah masing-masing, juga kepada mereka diberikan minuman berupa susu Beard Brand,” tegas Taufik.

Di tempat yang sama, Kapolres Asahan yang merupakan Wakil Ketua Gugus Tugas Covid 19 diwakili Kasat Intel AKP Sunarto, SH sampaikan dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada 17 orang pelancong asal Malaysia tidak ada indikasi tertular virus Corona. Ia juga jelaskan bahwa 17 orang pelancong yang pulang ke kampung halaman ini sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali saat hendak menuju ke Kisaran.

AKP Sunarto juga mengatakan bahwa 17 pelancong ini nantinya diminta untuk lakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas terdekat dari kediamannya.

“Untuk menjamin kesehatan, saya minta kepada Tujuh Belas pelancong ini untuk tetap memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat,” Ucapnya.*