TOBA-Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba, dr.Pontas Batubara didampingi Kepala Dinas Kesehatan Toba, dr.Juliwan Hutapea kepada wartawan di Posko Gusgus Tugas desa Simanjalo Balige, Minggu (29/3/2020) dalam pers rilis nya menyampaikan bahwa jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) untuk antisipasi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara berjumlah 25 orang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada atau nihil.

Dijelaskan dr.Pontas , data sebelumnya Sabtu, 28/3/2020 jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 25 orang, selanjutnya untuk data ter update pada hari ini (Minggu,29/03/2020) pukul 13.00 Wib sebanyak 5 ODP telah selesai dalam pemantauan, namun kembali masuk 5 orang dalam daftar tambah hingga jumlah Orang Dalam Pemantauan tetap berjumlah 25 orang ODP.

Lanjutnya, untuk sebaran ke-25 ODP ini di wilayah Kabupaten Toba berdasarkan data jumlah yang terdata di Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba di Kecamatan Tampahan 1 ODP, Kecamatan Balige 13 ODP, Kecamatan Laguboti 4 ODP, Jecamatan Sigumpar 1 ODP, Kecamatan Porsea 3 ODP, Kecamatan Lumbanjulu 1 ODP , Kecamatan Ajibata 1 ODP, dan Kecamatam Nassau 1 ODP.

Dalam kesempatan tersebut, tetap ditegaskan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Toba tetap waspada dan jangan panik serta tetap mengikuti standar SOP yang telah ditetapkan pemerintah.

Serta Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba menghimbau supaya seluruh masyarakat taat mengikuti dan melaksanakan aturan dan larangan yang telah ditetapkan dan dikeluarkan oleh Pemerintah.

"Kepada warga pendatang yang tiba di Kabupaten Toba laporkan diri dengan kesadaran sendiri dan suka rela untuk di cek kondisi kesehatan fisiknya oleh petugas medice dan dapat dilakukan pengawasan serta lakukanlah dengan kesadaran sendiri "isolasi diri dengan Mandiri". Untuk anak rantau atau juga warga Toba yang masih dalam perjalanan di berbagai daerah Kabupaten/Kota dan Propinsi di NKRI mohon supaya tidak kembali untuk sementara waktu ke daerah asal (Kampung Halaman) dan silahkan bertahan dulu di daerah masing masing tinggal saat ini serta jaga kesehatan dan tingkatkan daya imun tubuh masing maasing.dengan kesedaran tersebut guna untuk menghambat penyebaran serta memutus mata rantai penyebaran dan penularan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) demi keamanan dan keselamatan kita bersama," ujarnya.

Hadir dalam pers releace yang digelar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba dr.Pontas Batubara Minggu, 29/03/2020 di Posko Gugus Tugas Kantor BPBD Kabupaten Toba Sekda Kabupaten Toba Drs. Audhi Murphy O Sitorus, SH.M.Si, Kadis PMDP dan PPA Hendry Silalahi,SE. M.Si, Kadis Kesehatan dr.Juliwan Hutapea, Anggota DPRD Partai PKB St. Sabaruddin Tambunan, Kabag Ekon Eston Simanjuntak, Kadis Kesehatan Ir.Johnpieter Silalahi, Kadis Kominfor Drs. Lalo H Simanjuntak, M.Si.