LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Polres dan Kodim 0209/LB, mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) dengan upaya sosialisasi tentang pencegahan dan penanganannya kepada masyarakat dalam rangkaian Car Free Day di Simpang Enam Rantauprapat, Minggu (15/3/2020). Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H. Kamal Ilham S. KM melalui Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Rahmad Hasibuan S. KM serta Kabid Kesehatan Masyarakat Friska Simanjuntak S. KM menyebutkan, saat ini Labuhanbatu masih dinyatakan aman dari virus Covid-19, masyarakat dihimbau agar tetap bersikap tenang dan jangan mudah terpengaruh dsngan berita hoax.

Didalam sosialisasi itu, Friska juga menjelaskan cara peyebaran dan pencegahan virus Covid-19 diantaranya, pertama, Corona merupakan virus berukuran besar dengan diameter 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuknya ke tubuh dan tidak perlu menggunakan masker yang mahal.

Kemudian kedua, virus corona tidak melayang di udara, tapi menempel pada benda, ketiga, jika menempel di permukaan logam, Covid -19 dapat hidup selama 12 jam, maka mencuci tangan dengan sabun dan air sudah cukup, keempat, apabila menempel di kain Covid-19 dapat hidup selama 9 jam, sehingga mencuci pakaian atau menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam.

Selanjutnya, kelima, jika menempel di tangan, Covid-19 dapat hidup selama 10 menit, maka cukup menyediakan hand sanitizer, keenam, saat berada di udara bersuhu 26-27 °C Covid-19 akan mati, perbanyak minum air panas dan hindarilah makan dan minum dingin seperti ice cream, terakhir, berkumur dengan air hangat dan garam akan membunuh Covid-19.

Dalam hal ini Pemkab Labuhanbatu mengimbau agar masyarakat tidak panik, tetap tenang dan jangan menyebarkan informasi hoax, hindari keramaian, jika batuk, flu, demam segera pakai masker dan berobat. Khusus agama islam hendaknya membawa sajadah pribadi saat sholat.

Disetiap perkantoran atau pribadi hendaknya senantiasa menyiapkan hand sanitizer atau tisu basah, yang terakhir, seluruh ulama mohon dapat memimpin doa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing di rumah ibadah.

Di pandu dua Brigadir Polwan Polres Labuhanbatu, Sosialisasi tersebut di lanjutkan dengan senam kebugaran dan praktik cuci tangan yang benar dari 10 orang polwan dan empat siswi SDN 2 Bilah barat yang diikuti ribuan peserta Car free day. Turut hadir Minggu pagi itu, Sekda Ahmad Muflih SH, MM, para Kepala OPD, Asisten, serta jajaran anggota Polres Labuhanbatu.