SIMALUNGUN - Warga Nagori (desa) Saribu Jandi di Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, menyelenggarakan kerja tahun Nimpah Bunga Benih, yang diadakan pada hari Sabtu (14/3) hingga Minggu (15/3) bertempat di Jambur Losd Ta Ras.

Kegiatan yang dirayakan satu kali dalam satu tahun ini sebagai upaya melestarikan budaya adat Karo.

Selain itu kata Sekretaris Karang Taruna Mbuah Page, Fernando (30) mengatakan, kegiatan gendang guro-guro aron pada dasarnya adalah rasa bersyukur dari hasil panen di desa tersebut.

Selain itu, tujuannya "Supaya solidaritas terjaga dan persatuan masyarakat disini tetap terjalin," ujarnya.

Dalam kegiatan acara tersebut juga dihadiri Bakal Calon Bupati Simalungun DR. H. Anton Achmad Saragih ditemani istrinya Hj. Darmawati, pada hari Minggu, (15/3) siang.

Dalam kata sambutannya DR. H. Anton Achmad Saragih mengucapkan selamat atas terselenggara dan suksesnya kerja tahun pada 2020 ini.

"Saya bangga dengan kekompakan masyarakat di sini, terutama anak-anak mudanya, begitu kompak dan semangat dalam menjaga budaya." Katanya (15/3).

H. Anton meminta agar kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini agar terus didukung dan dilestarikan, "terutama bagi generasi muda, sebab masa depan budaya adalah tanggung jawab kita bersama."

Kabupaten Simalungun yang terdiri dari berbagi suku dan budaya juga diharapkan dapat menjadi contoh toleransi bagi daerah-daerah lain.

Sementara itu warga sekitar Job Ginting (42) yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan rasa terima kasih kepada H. Anton Achmad Saragih beserta rombongan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak H. Anton Achmad Saragih sudah menyempatkan diri datang ke desa kami untuk memeriahkan acara ini," katanya*