TOBA-Pemilik Perusahaan PT. Hutahaean dan PT.Labersa St.H.W Hutahaean (85) yang dengan ikhlas menginvestasikan uangnya di Kabupaten Toba sebesar Rp.400 Milliar untuk pembangunan Labersa Toba Hotel & Convantion Center dan Toba Fantasy di desa Sariburaja Janji Maria Tampubolon Balige dengan bangunan 8 Tingkat 9 lantai yang bertaraf Internasional dengan kelas Bintang 4.

Pada (29/2/2020) telah dilaksanakan Soft Launching Ceremony Labersa Toba Hotel & Convantion Center serta Toba Fantasi (Water Park) sebagai acara awal untuk memperkenalkan hotel dan berbagai fasilitas yang dimiliki kepada publik.

Untuk melengkapi keberdirian dan resminya beroperasi Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy sang pemilik St.H.W. Hutahean Kamis (12/3/2020) menggelar Grand Opening Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy sekaligus pertanda resminya Hotel beroperasi dengan penanda tanganan prasasti oleh 2 Menteri Kabinet Indonesia Maju Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan dan Menteri Parekraf Wisnutama Kusubandio.

Menteri Parekraf Wisnutama Kusubandio pagi sekitar pukul 08.30 Wib terlebih dahulu menanda tangani prasasti pertanda resminya Hotel Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy beroperasi untuk menerima dan melayani para tamu wisatawan yang hadir di Kabupaten Toba.

Dalam sambutannya Menparekraf menyampaikan, dengan keberadaan Hotel Labersa Toba Hotel yang bersatandar internasional dengan kelas Bintang 4 akan mendukung perkembangan pembangunan dan pemasaran Destinasi Pariwisata menuju Go Internasional. "Serta akan meningkatkan perkembangan dunia Pariwisata Danau Toba di Kabupaten Toba secara khusus di seluruh kawasan Destinasi Pariwisata Danau Toba," ungkap Wisnu.

Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan bersama istri hadir sekira pukul 16.30 Wib setelah sebelumnya mendampingi Raja dan Ratu Belanda dalam kunjungannya bersama rombongan di Kabupaten Toba.

Menko Maritim dan Investasi setiba di Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy pada agenda acara Grand Opening langsung menanda tangani Prasasti sebagaimana Menparekraf Wisnutama Kusubandio sebelumnya telah menanda tanganinya.

Ke dua Menteri Kabinet Indonesia Maju tersebut hadir untuk meresmikan Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy dengan menanda tangani prasasti Hotel.dengan ditandatanganinya prasasti menjadikan sejarah bagi keberdirian Hotel yang diresmikan 2 Menteri sekaligus.

Dalam sambutannya Menko Maritim menyampaikan, Hotel Labersa dengan kelas Bintang 4 berdiri di Kabupaten Toba sangatlah baik sembari memuji komitmen St.H.W Hutahaean selaku seorang pengusaha sukses dan memiliki komitmen yang baik akan kampung halamannya dengan menginvestasikan uangnya Ratusan Milliar untuk mendukung perkembangan dan kemajuan daerahnya khususnya dibidang kepariwisataan.

Luhut juga memuji dan salut akan komitmen St.H.W Hutahean yang mengundang para mantan Bupati dari Kabupaten Toba, dan Kabupaten Taput, Humbahas dalam acara grand opening hotel miliknya. "Ternyata Pak St.H.W tetap mengingat orang orang yang pernah menolong dan membantunya,beliau tidak serta merta melupakan begitu saja walaupun mereka tidak lagi memangku jabatan.dengan sikap dan perbuatan bapak St.H.W Hutahaean ini menjadi contoh dan pembelajaran bagi kita supaya kita jangan pernah melupakan orang yang pernah menolong atau membantu Kita," ungkap Menko memuji sikap St.H.W Hutahean.

Lanjutnya, apa yang diperbuat oleh Bapak St.H.W Hutahaean saat ini menjadi contoh panutan serta menjadi pendorong bagi kita para putra daerah anak rantau dimanapun berada untuk berbuat di kampung halaman kita dengan berbagai berkat yang telah kita terima juga menjadi berkat bagi orang lain seperti yang dilakukan oleh Bapak St.H.W. Hutahaean.

Sebelumnya St.H,W Hutahaean dalam sambutannya menyatakan, atas kehadiran semua undangan khususnya beberapa pejabat tinggi dan mantan pejabat dalam acara persemian Hotel akan meningkatkan semangatnya dan semua jajarannya untuk bekerja lebih pro aktif.

Diakunya, inilah bangunan yang paling cepat selesai dibangun dari semua bangunan yang pernah kami bangun dengan waktu 1 tahun 6 bulan.cepatnya bangunan selesai dari awal mulai perencanaan, pembangunan hingga selesainya bangunan berdiri karena tidak pernah ada gangguan dari pihak manapun.semua warga sekitar mendukung secara khusus pemerintah Kabupaten Toba yang membantu dan mendukung kami dalam hal pengurusan berbagai administrasi dan berbagai perizinan yang harus dipenuhi untuk keberdirian Hotel ini.

Kepada Pemkab dan Masyarakat Sibola Hotang sas dan Janjimaria Saribu Raja lokasi berdirinya Hotel. "Saya harap kita tetap bisa meningkatkan kerja sama yang lebih baik lagi kedepannya demi kamajuan dan kemakmuran daerah kita ini.dengan keberadaan Hotel ini nanti akan menyerap tenaga kerja +_ 300 orang," ungkapnya.

Kedua Menteri Kabinet Indonesia maju yang telah meresmikan Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy disematkan ulos Batak sebagai ungkapan dan lambang tali kasih serta cendra mata kepada ke dua Menteri atas berkenanya hadir dan menanda tangani Prsasti pertanda peresmian Labersa Toba Hotel.

Hadir dalam acara Grand Opening Labersa Toba Hotel & Convantion Center and Toba Fantasy Menko Maritim Luhut B Panjaitan, Menparekraf Wisnu Tama, RE Nainggolan, Kajari Balige, Ketua PN Balige, Ketua DPRD Kabupaten Toba, Mayjen (Purn) Haposan Silalahi, Ruhut Sitompul mantan Anghota DPR RI, Ketua DPRD Simalungun,Gubsu yang mewakili, Kapolda Sumut dengan yang meqakili, Edison Manurung, Anggota DPR RI dan DPRD Prov,Sumut Jubel Tambunan Bupat dan Wakil Bupati Kabupaten Toba, Mantan Bupati Kabupaten seKawasan Danau Toba, DANDIM 0210 TU, Wakil Bupati Simalungun, Ketua DPRD Simalungun, Monang Sitorus mantan Bupati Toba, Torang Lumbantobing mantan Bupati TAPUT, Mangindar Simbolon Mantan Bupati Samosir, Maddin Sihombing mantan Bupati Humbahas, Kepala BUMN dan BUMD Kabupaten dan Prop. Sumut serta pimpinan beberapa perusahaan swasta Kab.Toba, Pdt S.A.E Nababan mantan Eporus HKBP, Bishop GMI, Lembaga Adat Dalihan Natolu Kab.Toba serta bebwrapa Tokoh Adat dan Masyarakat.